DPR Klaim Vaksinasi Covid-19 Tak Tertutup tapi Dilarang Foto

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 18:31 WIB
DPR menyatakan vaksinasi yang dilakukan di kompleks parlemen sejak beberapa hari lalu tak boleh difoto atau direkam video karena berisiko seperti pasar. Kelompok guru, dosen, dan tenaga kependidikan menerima vaksinasi Covid-19 di SMAN 70 Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Kompleks DPR/MPR sejak beberapa hari lalu tidak tertutup.

Ia menyebut pihaknya hanya menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga tidak semua orang bisa masuk ke lokasi vaksinasi.

"Dan memang kami lakukan kegiatan ini atas arahan dari pimpinan DPR dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, artinya semua yang memasuki ruangan vaksin itu hanya orang-orang yang punya keperluan terhadap vaksin," kata Indra di Kompleks DPR/MPR, Jumat (26/2).


Lebih lanjut, ia mengatakan dalam proses vaksinasi itu, pihaknya juga melarang peserta melakukan selfie atau swafoto.

"Kemudian kami wajibkan tidak boleh melakukan kegiatan foto di dalam, karena kami sudah menduga, ketika di dalam itu bisa melakukan selfie dan lain sebagainya, maka kegiatan di dalam ruangan sangat berisiko seperti pasar. Kalau teman secara bergantian boleh bisa lihat kegiatan yang normal sudah sangat penuh dan sesak," ucap dia.

Ia juga mempersilakan jika ada wartawan yang ingin masuk ke lokasi vaksinasi, namun tak diperkenankan untuk merekam.

"Kami tidak ingin di dalam ruangan itu selfie dan sebagainya karena berisiko dari sisi protokol kesehatan, kalau mau lihat secara gantian saya persilakan, tapi kalau nanti pakai alat rekam men-distract. Tidak ada kegiatan yang ditutup-tutupi," ucap dia.

Proses vaksinasi bagi anggota DPR beserta keluarga, ASN di Sekretariat Jenderal dan keluarga, tenaga ahli, pamdal, petugas kebersihan, petugas taman, hingga pengemudi telah dimulai sejak Rabu (24/2).

Namun demikian, saat CNNIndonesia.com mencoba masuk untuk meliput ke lokasi vaksinasi pada Jumat (26/2) tidak diizinkan oleh pihak keamanan.

Vaksinasi itu sendiri digelar di lantai bawah Gedung Kura-Kura. Di pintu masuk ruang yang digunakan untuk vaksinasi dijaga oleh beberapa orang dari satuan pengamanan dalam (pamdal).

"Tidak boleh diliput. Tertutup," kata salah seorang petugas saat CNNIndonesia.com mencoba masuk ke dalam ruangan.

(yoa/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK