Polisi Tilang Pemotor Viral Kebut-kebutan di Lingkar Semanggi

CNN Indonesia | Sabtu, 27/02/2021 02:30 WIB
Polisi menilang seorang pemotor yang sempat viral karena melakukan aksi kebut-kebutan di Jalan Sudirman, Jakarta, pada Selasa (23/2) lalu. Ilustrasi. (Istockphoto/Narvikk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi menilang seorang pemotor yang sempat viral karena melakukan aksi kebut-kebutan di Jalan Sudirman, Jakarta, pada Selasa (23/2) lalu sekitar pukul 22.45 WIB.

Saat itu, anggota Sat Pamwal Ditlantas Polda Metro Jaya sedang melakukan patroli di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin.

Personel bernama Ipda Sandi melihat ada tiga pemotor yang melakukan aksi kebut-kebutan di sekitar Lingkar Semanggi.


"Melihat tiga motor yang terlihat sedang melakukan kebut-kebutan dari arah bundaran HI menuju selatan," kata Kasat Pamwal Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono, dalam keterangannya, Jumat (26/2).

Selanjutnya, petugas berusaha menghentikan kendaraan tersebut. Pemotor tersebut dianggap membahayakan pengendara jalan lain.

"Salah satu kendaraan yang berhasil diberhentikan kemudian dibawa ke Pos Pol Bundaran Senayan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan," ucap Argo.

Pemotor yang berhasil diamankan itu berinisial HD dan memakai kendaraan Suzuki GSX150. Saat dilakukan pemeriksaan dokumen, yang bersangkutan mengaku tak membawa STNK.

Dia kemudian meminta kepada petugas untuk pulang ke rumahnya guna mengambil STNK kendaraannya.

"Setibanya pengendara motor tersebut di pos dengan membawa STNK, kemudian anggota melakukan penindakan pelanggar tersebut dengan tilang," tutur Argo.

Pemotor tersebut dikenakan Pasal 297 Jo pasal 115 b dan Pasal 285 (1)Jo Pasal 106 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Lebih lanjut, Argo menyampaikan bahwa sepanjang jalur Sudirman-Thamrin menjadi salah satu spot yang menarik para pengendara untuk melakukan kebut-kebutan.

"Karena jalur yang panjang dan lurus, apalagi di hari kerja saat malam hari jalan relatif lenggang dan menjadi potensi pengebutan," ujarnya.

Atas dasar itu, Argo mengimbau kepada para pengendara untuk tidak melakukan aksi kebut-kebutan karena berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan lain.

Aksi kebut-kebutan ini terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial, salah satunya diunggah akun [email protected]

"Wkwkwk dikejar polisi pas kebut-kebutan di kolong Semanggi," demikian keterangan dalam unggahan itu.

(dis/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK