Demokrat Siapkan Putri Ma'ruf di Pilgub Banten Berikutnya

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 17:23 WIB
Siti Nur Azizah, yang belum lama kalah di Pilkada Tangsel, menjadi salah satu kandidat yang disiapkan Demokrat untuk maju lagi sebagai calon gubernur Banten. Demokrat mempersiapkan kadernya yang juga putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah untuk menjadi calon gubernur Banten berikutnya (Timses Siti Nur Azizah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Demokrat mempersiapkan 7 kader terbaiknya untuk diusung sebagai calon gubernur Provinsi Banten di pilkada berikutnya. Salah satu kader yang dipersiapkan adalah putri Wapres Ma'ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief menyampaikan Gubernur Banten yang saat ini masih menjabat, yakni Wahidin Halim juga punya kans untuk diusung kembali.

Selain itu, terdapat nama Wali Kota Tangerang, Arif Wismansyah, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya yang turut dipersiapkan. Anggota DPR Fraksi Demokrat yang dipersiapkan yaitu Nur Aini, Rizki dan Zulfikar dan tokoh Banten Aeng Haerudin.


"Persiapan Pilgub Banten internal Demokrat; Wahidin Halim (Incumben), Arif Wismansyah (walikota Tangerang), Hj Iti Oktavia Jayabaya (Bupati Lebak), Nur Aini (DPR RI), Rizki ( DPR RI), Zulfikar (DPR RI), H Aeng Haerudin Tokoh Banten), Nur Azizah (Wasekjen)," kata Andi dalam pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

Andi juga menyampaikan itu lewat akun Twitter pribadinya, @Andiarief__ pada Senin (1/3).

Diketahui, Wahidin Halim merupakan Gubernur Banten yang terpilih pada Pilkada tahun 2017 lalu. Wahidin merupakan kader Partai Demokrat.

Wahidin juga sempat menjabat sebagai Wali kota Tangerang selama dua periode, yaitu periode 2003-2008, dan periode 2009-2013.

Selain itu, Siti Nur Azizah selama ini dikenal sebagai putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Siti sempat diusung menjadi wali kota di Pilkada Tangerang Selatan tahun 2020 lalu berpasangan dengan Ruhamaben.

Namun, mereka gagal memenangkan Pilkada Tangsel setelah berada di urutan buncit dengan perolehan suara sebesar 23,39 persen. Mereka kalah dari pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga yang berhasil menjadi pemenang Pilkada Tangsel 2020.

Jika UU Pilkada tak direvisi pemerintah dan DPR, maka pilkada provinsi Banten baru akan digelar pada 2024 mendatang. Dihelat serentak bersama pilkada seluruh provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Jika UU Pilkada direvisi dan jadwal pilkada dinormalisasi, maka pemilihan gubernur Banten digelar pada 2022 mendatang.

(rzr/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK