Kemenkes Siapkan Program Vaksinasi Drive Thru Sepeda Motor

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 16:58 WIB
Kemenkes tengah mempersiapkan mekanisme pemberian vaksin Covid-19 dengan sistem drive thru atau layanan tanpa turun (Lantatur) bagi pengendara sepeda motor. Ilustrasi vaksin virus corona (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah mempersiapkan mekanisme pemberian vaksin virus corona (Covid-19) dengan sistem drive thru atau layanan tanpa turun (Lantatur) bagi pengendara sepeda motor.

Mekanisme itu bisa mengurangi potensi penularan virus corona (Covid-19) saat sasaran vaksinasi menunggu antrean di fasilitas kesehatan maupun spot vaksinasi massal.

"Drive thru ini salah satu akselerasi kita kerjakan untuk mempercepat proses penyuntikan vaksinasi. Proses akselerasi-akselerasi juga modifikasi seperti ini akan juga jalan, baik itu drive dengan menggunakan mobil maupun drive thru dengan menggunakan motor," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam sebuah acara yang disiarkan kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Selasa (2/3).


Meski demikian, dia belum bisa menjamin kapan vaksinasi drive thru pengendara motor mulai dilaksanakan.

Berbeda halnya dengan mekanisme vaksinasi drive thru bagi pengendara mobil. Kemenkes bersama beberapa perusahaan pengembang aplikasi transportasi dan aplikasi telemedicine bakal memulai vaksinasi drive thru mobil bagi warga lanjut usia (lansia) di DKI Jakarta Rabu (3/3) besok.

Vaksinasi itu rencananya akan dilaksanakan di Parkir Hall C Jakarta Internasional Expo (JIExpo). Lansia yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 ini harus mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Sejauh ini, vaksinasi drive thru mobil juga telah terlaksana di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/2) lalu.

"Input pengalaman di Bali kemarin itu akan kita kerjakan di Jakarta," pungkas Dante.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pun sempat menjelaskan bahwa nantinya vaksinasi drive thru mobil akan bekerjasama dengan beberapa pihak.

Gagasan soal vaksinasi lansia drive thru ini sebelumnya sempat diutarakan oleh Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Makky Zamzami.

Satgas NU menilai upaya itu perlu dilakukan guna meminimalisir penularan Covid-19 terhadap lansia saat mereka harus mendatangi fasilitas kesehatan yang menjadi salah satu tempat rawan penularan virus corona.

(khr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK