3 Anggota DPRD Positif Covid, Sempat Ikut Pelantikan Gibran

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 18:14 WIB
Tiga anggota DPRD Kota Solo dan satu notulen terkonfirmasi positif virus corona tak lama setelah menghadiri pelantikan Gibran menjadi Wali Kota Solo. Petugas tenaga kesehatan penanganan virus corona. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Solo, CNN Indonesia --

Tiga anggota dan satu notulen Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka sempat menghadiri upacara pelantikan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Jumat (26/2) lalu.

Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo menyebut tiga orang tersebut merupakan anggota Komisi III DPRD Kota Solo yaitu Janjang Sumarsono Aji, Suwanto, dan Roy Saputra. Sementara satu orang staf, Elvi, bertugas sebagai notulen di Komisi III.

"Mereka kemarin hadir waktu pelantikan," kata Budi, Selasa (2/3).


Sebelum pelantikan, tiga orang tersebut sempat melakukan kontak erat dengan anggota Komisi III lainnya, Paulus Haryoto. Paulus sendiri tidak menghadiri upacara pelantikan karena merasa tidak enak badan. Ia diketahui positif Covid-19 beberapa jam setelah pelantikan.

"Sekarang Pak Paulus dan Pak Janjang dirawat di RS Bung Karno karena bergejala. Yang lain isolasi mandiri di rumah," katanya.

Budi menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo untuk mengadakan swab PCR kepada semua anggota DPRD untuk memutus penularan. Swab akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Rencananya semua akan dites. Sebab saat pelantikan kemarin semua anggota dewan berkumpul," katanya.

Meski demikian, lanjutnya, Gibran dan Teguh tidak akan mengikuti swab PCR tersebut. Ia memastikan Putra Presiden Joko Widodo itu tidak melakukan kontak erat dengan anggota DPRD yang positif Covid-19.

"Pak Wali tidak ikut swab karena tidak kontak langsung. Waktu pelantikan kan tempat duduk kita atur sesuai protokol," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan contact tracing telah dilakukan kepada seluruh kontak erat anggota DPRD yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.

"Kita masih telusuri. Yang jelas siapa pun yang bertemu dengan pasien selama 15 menit dalam 7 hari terakhir sebelum konfirmasi kita anggap kontak erat," katanya.

(ocd/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK