Menkes: Vaksinasi 1 Juta Orang Sehari Perlu Bantuan Swasta

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 18:06 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengakui pemerintah tak mungkin melakukan vaksinasi 1-2 juta per hari tanpa bantuan pihak swasta. Menkes Budi Gunadi Sadikin menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021. (Foto: Muchlis - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan target vaksinasi Covid-19 satu juta orang dalam sehari bakal tercapai bila pihak swasta ikut membantu pemerintah dalam menggelar vaksinasi.

Sebab untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus diperlukan 60-70 persen penduduk atau 181,5 juta penduduk Indonesia yang divaksin. Budi pun menyebut target itu akan terlaksana mulai Juni-Juli 2021 mendatang.

"Untuk bisa melakukan vaksinasi 1-2 juta per hari, pemerintah tidak mungkin lakukan itu sendiri. Pemerintah harus lakukan bersama-sama dengan semua pihak, termasuk swasta, terutama start up," kata Budi saat memberikan sambutan dalam acara vaksinasi drive thru, Jakarta, Rabu (3/3).


Budi juga mengatakan bantuan berbagai pihak sangat dibutuhkan sebab menurutnya vaksinasi semester II atau pada periode Juni-Desember 2021 akan sangat berat. Sebab dari 426 juta dosis vaksin, 90 juta didatangkan pada periode Januari-Juni, sementara sisanya baru bisa didatangkan pada periode Juli Desember.

Kondisi itu lantas menjadikan vaksin sebagai komoditas yang diperebutkan banyak negara. Budi pun mengaku pemerintah saat ini tengah mengendalikan laju vaksinasi virus corona untuk menjaga ketersediaan vaksin.

"Yang berat di semester kedua. Dan itu akan ada 181,5 orang dikurangi 45 juta, ada 140 juta orang yang harus disuntik dalam enam bulan. Beda dengan semester pertama hanya 45 juta, itu akan masalah," kata dia.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan Indonesia cukup beruntung telah berhasil mengamankan komitmen vaksin dari beberapa pengembang. Sementara menurutnya beberapa negara maju seperti Australia dan Jepang baru saja memulai vaksinasi.

Budi lantas meminta kesadaran warga untuk aktif dalam program vaksinasi. Sebab menurutnya vaksinasi merupakan program kolektif bukan ihwal individu saja. Ia juga meminta agar seluruh pihak, khususnya pihak swasta yang telah membantu agar tetap menjaga semangat dalam memenuhi target vaksinasi rampung dalam setahun di Indonesia.

"Yang saya hanya minta, tolong kalau boleh jangan berhenti di hari ini, kita butuh sampai 31 Desember, jadi tolong semangat, ide-idenya terus lakukan sampai akhir tahun," kata Budi.

(khr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK