Dampak Negatif dan Positif Globalisasi pada Aspek Sosbud

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 11:35 WIB
Berikut penjelasan mengenai dampak negatif dan positif globalisasi beserta ancamannya terhadap aspek ekonomi dan sosial-budaya (sosbud). Berikut penjelasan mengenai dampak negatif dan positif globalisasi dari aspek sosial budaya beserta ancamannya (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Istilah globalisasi berasal dari dua kata yaitu 'global' artinya dunia dan lization berarti proses. Sedangkan berdasarkan KBBI, globalisasi merupakan proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Kata globalisasi juga sering digunakan untuk mengelompokkan suatu aspek, misalnya dampak negatif dan positif globalisasi di bidang tertentu.

Selain itu, ada juga pengertian globalisasi yang dikutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 3, terbitan Erlangga, yang mengartikan:


"Globalisasi merupakan proses dunia menjadi satu jaringan tanpa batas antarbangsa, akibat kemajuan teknologi dan komunikasi."

Berikut penjelasan mengenai dampak negatif dan positif globalisasi dari aspek sosial budaya beserta ancamannya, yang dikutip dari buku sama.

Foto: iStockphoto/Terraxplorer
Ilustrasi. Dampak negatif dan positif globalisasi dari aspek sosial budaya beserta ancamannya.

Dampak Positif Globalisasi dari Aspek Sosial Budaya

Dilihat dari sudut sosial budaya, pengaruh positif globalisasi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, di antaranya:

  1. Manusia lebih dipermudah dalam berkomunikasi satu sama lain. Bahkan berkat internet, siapa pun bisa terhubung meskipun berada di wilayah yang jauh.
  2. Keberadaan media sosial yang marak penggunaannya saat ini, membuat orang mudah menjalin komunikasi dengan kerabat lama atau saudara jauhnya.
  3. Dengan kemajuan akses internet, berbagai jenis informasi sampai hiburan juga dapat diperoleh dengan mudah. Terutama pada ponsel pintar.
  4. Perkembangan teknologi dan informasi membuat kita mengetahui berbagai budaya yang ada di dunia. Hal ini pun mendorong manusia untuk menghargai perbedaan, baik yang ada di lingkungan masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia.
Ilustrasi Kultum. (CNN Indonesia/Fajrian)Foto: CNN Indonesia/Fajrian
Ilustrasi. Dampak negatif dan positif globalisasi

Dampak Negatif Globalisasi dari Aspek Sosial Budaya

Masih ditinjau dari aspek sama, globalisasi juga bisa membawa pengaruh negatif, terutama dari segi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, di antaranya:

  1. Kemudahan berkomunikasi lewat teknologi mengurangi pertemuan tatap muka. Padahal, dengan bertatap muka secara langsung dapat membentuk cara berkomunikasi yang lebih baik sekaligus sarana untuk bersosialisasi.
  2. Sebagian anak sedari kecil sudah kecanduan gadget, biasanya dominan pasif dan tidak cakap bersosialisasi.
  3. Maraknya budaya asing masuk melalui berbagai saluran informasi dapat mengikis sedikit demi sedikit budaya asli Indonesia, apabila tidak disaring dengan baik.

Ancaman Globalisasi

Pelaku UMKM melayani calon pembeli dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Eksotisme Lombok di kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) The Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (3/3/2021). KKI 2021 Eksotisme Lombok dengan tema Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata itu bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.Ilustrasi UMKM dan produk lokal tanah air. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Ancaman globalisasi bisa berdampak pada aspek ekonomi dan sosial budaya.
  • Aspek Ekonomi

Ancaman dari globalisasi membuat batas antarbangsa menjadi samar, terutama dari segi ekonomi.

Bagi kegiatan ekonomi suatu negara, globalisasi menjadi penting karena terintegrasi ke pasar-pasar global.

Hal ini semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang dari luar, sehingga jika tidak dibatasi dapat menjadi ancaman bagi produsen lokal.

  • Sosial Budaya

Selain itu, globalisasi juga mengancam pada kehidupan sosial budaya dari segi sikap, pandangan hidup, hingga nilai-nilai budaya bangsa.

Kemajuan teknologi komunikasi juga mengancam akses budaya dari luar, dengan mudah masuk ke Indonesia.

Jika budaya luar yang masuk tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia dan diadopsi mentah-mentah, tentunya dapat meluruhkan khazanah budaya dan nilai bangsa yang kita miliki.

Selain penjelasan di atas, dampak negatif dan positif globalisasi juga dapat dilihat dari aspek lain seperti keagamaan, Pendidikan, hukum dan keamanan, kehidupan politik dan masih banyak lagi.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK