Kapolri Lantik 5 Pati, Nana Sudjana Resmi Jadi Kapolda Sulut

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 14:00 WIB
Kapolri Listyo Sigit Prabowo melantik lima perwira tinggi untuk jabatan Kapolda dan Koordinator Staf Ahli Kapolri. Ilustrasi pelantikan perwira tinggi olleh Kapolri Listyo Sigit. (Foto: CNN Indonesia/ Michael Josua)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik lima perwira tinggi (pati) polisi untuk menduduki sejumlah jabatan baru, di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta pada Rabu (4/3).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono mengatakan ada empat Jenderal yang resmi dilantik sebagai Kapolda baru, sementara satu yang lain merupakan Koordinator Staf Ahli Kapolri.

"Hari ini telah dilaksanakan serah terima jabatan yaitu pertama Koordinator Staf Ahli Kapolri dari bapak Irjen Nana Sudjana kepada Irjen Martuani Sormin," ucap Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Kamis (4/3).


Dalam hal ini, Irjen Nana Sudjana saat ini bertugas sebagai Kapolda Sulawesi Utara menggantikan Irjen Panca Putra yang dipindah menjadi Kapolda Sumatera Utara.

Kemudian, Kapolda Lampung yang semila dijabat Irjen Purwadi Iryanto digantikan oleh Irjen Hendro Sugiatno. Terakhir, Kapolda Papua yang sebelumnya dijabat Komjen Paulus Waterpauw beralih kepada Irjen Matius Fakiri.

Diketahui, Komjen Paulus Waterpauw saat ini mendapat promosi sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam).

Sebelumnya, Kapolri menerbitkan surat telegram nomor ST/318/II/KEP./2021 dan merombak sejumlah jabatan strategis di tubuh Korps Bhayangkara. Dalam telegram itu, turut ditunjuk Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto.

Jabatan Agus yang semula merupakan Kabaharkam Polri kini diemban oleh Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto yang dulu merupakan Kalemdiklat Polri.

Sementara, jabatan Arief akan diisi oleh Komjen Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya adalah Kabaintelkam. Kemudian, jabatan Kabaintelkam kini akan diisi oleh Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw.

Setidaknya ada 25 perwira yang dimutasi oleh Listyo pada awal masa jabatannya sebagai Kapolri.

(mjo/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK