SBY Akan Buka Suara Sikapi KLB Demokrat

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 09:32 WIB
Majelis Tinggi Partai Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ketua Umum Demokrat AHY akan menyampaikan respons atas gelaran Kongres Luar Biasa. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal menyampaikan respons atas kegiatan sejumlah mantan kader partainya yang menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Sibolagit, Sumut, Jumat (5/3).

Ketua Majelis Tinggi Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono juga disebut akan memberikan pandangannya.

"Di samping Ketua Umum Partai Demokrat AHY, Ketua Majelis Tinggi Partai SBY akan mengeluarkan pernyataan," kata Wakil Sekjen Partai Demokrat Ossy Dermawan dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (5/3).


Ossy mengatakan, pernyataan SBY merespons perihal kudeta yang diduga dimotori oleh sejumlah mantan kader hingga pihak pejabat pemerintahan.

"Pernyataan ini merespons 'kudeta' terhadap kepemimpinan Partai Demokrat yang sah dan yang dilakukan oleh persekongkolan antara pihak luar dan pihak dalam partai yang nyata-nyata melawan hukum yang berlaku," ujar Ossy.

Sebelumnya, mantan kader Partai Demokrat Darmizal menyatakan KLB Partai Demokrat akan digelar hari ini, Jumat (5/3).

Darmizal mengklaim KLB itu akan dihadiri sekitar 1.200 orang yang berasal dari pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat di seluruh Indonesia.

Darmizal mengatakan agenda utama KLB akan memilih dan menetapkan ketua umum baru Partai Demokrat. Ia mengklaim kader-kader berharap Partai Demokrat akan kembali kepada kejayaannya dengan terpilihnya ketua umum baru. Ia bahkan menargetkan Demokrat menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan dinakhodai oleh ketum baru.

DPP Partai Demokrat langsung membantah klaim mantan kader yang menyebut KLB Demokrat dihadiri 1.200 pemilik suara sah. Mereka yang hadir bukan pemilik suara sah.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan peserta yang hadir dalam KLB itu kebanyakan hanya kader biasa atau mantan kader.

(dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK