Demokrat Jatim Kompak Tegaskan Tak Terlibat Gelaran KLB

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 10:30 WIB
Jajaran pengurus Demokrat Jatim serta DPC Demokrat se-Jatim tidak terlibat upaya KLB, apalagi para DPC juga menyatakan kesetiaannya kepada AHY. Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak. (dok. istimewa)
Surabaya, CNN Indonesia --

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memimpin pengurus dan kader partai Demokrat se-Jawa Timur menolak kongres luar biasa (KLB) yang digelar segelintir bekas kader Demokrat di Deli Serdang, Sumatra Utara.

"Plt Ketua DPD Emil Dardak, dan seluruh Ketua dan Sekretaris DPC PD se-Jawa Timur secara lisan menyampaikan tekadnya untuk tetap loyal kepada kepemimpinan AHY sebagai Ketua Umum DPP dan dengan tegas menolak pelaksanaan KLB," kata Ketua Badan Komunikasi Strategis DPD Demokrat Jatim, Fatkhul Hadi, Jumat (5/3).

Fatkhul menjelaskan hal itu telah ditegaskan dalam apel siaga yang dipimpin langsung Emil Dardak dan Plt sekretaris Demokrat Jatim, Bayu Airlangga. Melalui apel siaga virtual itu juga, Demokrat se-Jatim tetap satu suara serta solid demi menjaga keutuhan partai.


"Apel siaga dipimpin langsung oleh Plt Ketua dan Plt Sekretaris DPD PD Jatim serta diikuti seluruh Ketua DPC dan sekretaris bagi DPC yang ketuanya sedang kosong posisinya," ucapnya.

Fatkhul memastikan, jajaran pengurus Demokrat Jatim serta DPC Demokrat se-Jatim tidak terlibat upaya KLB. Apalagi para DPC juga sudah menyatakan kesetiaannya kepada AHY. Menurut dia, KLB ini justru memperkuat soliditas partai di Jatim.

Ketua DPC partai kota Demokrat Madiun, Istono mengatakan pihaknya akan berjuang sekuat tenaga untuk melawan Gerakan Pengambilalihan Kekuasaan-Partai Demokrat (GPK-PD), sebab ia menghormati AHY sebagai ketua umum yang dipilih melalui kongres.

"Kami jajaran partai Demokrat Kota Madiun, secara sadar dan bertanggungjawab menolak GPK-PD yang mengarah pada KLB, kami tegak lurus menjunjung hasil Kongres V dengan ketua umum AHY," ujar dia.

Sebelumnya, mantan kader Partai Demokrat Darmizal menyatakan KLB Partai Demokrat akan digelar hari ini, Jumat (5/3).

Darmizal mengklaim KLB itu akan dihadiri sekitar 1.200 orang yang berasal dari pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat di seluruh Indonesia.

Darmizal mengatakan agenda utama KLB akan memilih dan menetapkan ketua umum baru Partai Demokrat. Ia mengklaim kader-kader berharap Partai Demokrat akan kembali kepada kejayaannya dengan terpilihnya ketua umum baru. Ia bahkan menargetkan Demokrat menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan dinakhodai oleh ketum baru.

(frd/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK