Max Sopacua Akui Moeldoko Masuk Bursa Ketum di KLB Demokrat

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 13:22 WIB
Max Sopacua menyebut KLB kali ini tak menjegal nama-nama lain yang ingin maju sebagai ketua umum, seperti kongres-kongres sebelumnya. Mantan politikus Partai Demokrat, Max Sopacua. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan kader Partai Demokrat Max Sopacua mengakui sosok Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjadi nama yang muncul sebagai calon ketua umum Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang, Jumat (5/3). Meski demikian Max membantah Moeldoko akan menjadi calon tunggal.

"Ya saya kira semua orang tahu dan teman-teman tahu, sejak kongres luar biasa ini dicetuskan, tokoh pertama yang diangkat menjadi ketua umum yakni pak Moeldoko," katanya di arena KLB Demokrat, Jumat (5/3).

"Ya kita tidak akan melakukan calon tunggal, itu sesuatu yang tidak bagus. Karena menutup calon yang lain, seperti kongres-kongres yang sudah berlalu kemarin," kata dia menambahkan.


Max memastikan tak akan muncul calon tunggal hingga menutup keinginan kader lain untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum. Siapa saja, kata dia, berhak mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di partai berlambang mercy itu.

"Yang lain silakan karena kita membuka pintu bagi calon lainnya," kata Max.

Bahkan kata dia, sosok Marzuki Alie yang dipastikan sudah hadir ke lokasi juga dia sebut akan ikut meramaikan bursa pemilihan.

"Nanti kalau semua sudah menyetujui, maka akan dilakukan penghitungan suara. Suara terbanyak adalah akan menjadi pemenang bukan soal aklamasi atau tidak," jelasnya.

Aklamasi kata dia, akan terjadi jika tak ada satu calon pun yang maju dalam pemilihan. Namun dalam KLB ini siapa pun berhak maju, langkah mereka kata dia tak akan dijegal hanya demi menaikkan satu nama.

"Kita buka peluangnya. Mungkin saya juga mau maju sebagai calon, kenapa tidak," kata dia.

(tst/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK