36 Pendukung Rizieq Swab Antigen di PN Jaktim, Satu Reaktif

CNN Indonesia | Jumat, 19/03/2021 11:27 WIB
Massa pendukung Rizieq Shihab yang mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Timur mengikuti tes swab antigen. Satu orang dinyatakan reaktif Covid-19. Aparat kepolisian saat membubarkan massa pendukung Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (19/3). (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 36 orang yang mendatangi persidangan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjalani tes swab antigen. Hasilnya, satu orang dinyatakan reaktif Covid-19.

Kapolsek Cakung Kompol Satrio Dharmo mengatakan puluhan orang itu memang datang ke lokasi untuk menyaksikan persidangan Rizieq.

"Sejumlah 36 orang, semuanya kami laksanakan swab antigen dan 1 orang dinyatakan reaktif dan kami kirim ke Wisma Atlet," kata Satrio kepada wartawan, Jumat (19/3).


Satrio menuturkan dari hasil pemeriksaan, mereka rata-rata berasal dari wilayah Jawa Barat. Ada yang berasal dari Cipele, Tasikmalaya, hingga Bandung.

Dia mengatakan 35 orang yang dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab antigen, saat ini dibawa ke Polres untuk diperiksa lebih lanjut.

"Yang lainnya kami kirim ke Mako Polres untuk pemeriksaan lebih lanjut," ucap Satrio.

Hari ini, PN Jaktim kembali menggelar sidang pembacaan dakwaan atas kasus yang menjerat mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Rizieq diketahui diadili atas kasus dugaan kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan (nomor perkara: 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim); kasus dugaan terkait tes swab di RS Ummi Bogor (nomor perkara: 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim); serta kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung (nomor perkara: 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim).

Sidang hari ini merupakan penjadwalan ulang setelah sidang sebelumnya diputuskan ditunda lantaran ada gangguan teknis fasilitas penunjang sidang secara virtual. Selain itu, terdakwa dan tim penasihat hukum juga melakukan walk out lantaran permohonan untuk hadir secara langsung tidak dikabulkan hakim.

Terkait sidang ini, sebanyak 1.859 personel polisi diterjunkan untuk menjaga keamanan selama persidangan.

"Personel [pengamanan] 1.859, yang awalnya 659. Untuk mencegah kerumunan di masa pandemi," kata Kapolres Metro Jaktim Kombes Erwin Kurniawan saat dihubungi, Jumat (19/3).

(dis/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK