UPDATE CORONA 20 MARET

Rangkuman Covid Hari Ini: Varian Virus hingga 1,45 Juta Kasus

CNN Indonesia | Sabtu, 20/03/2021 19:01 WIB
Sejumlah perkembangan penanganan Covid-19 hari ini dirangkum CNNIndonesia.com, mulai dari distribusi vaksin AstraZeneca hingga angka terbaru kasus Corona. Ilustrasi tenaga medis Covid-19. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir lantaran angka positif yang terus meningkat. Sebagai bagian penanganannya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengizinkan penggunaan vaksin AstraZeneca yang sempat memicu kontroversi.

Berikut rangkuman perkembangan informasi terkait Covid-19 per hari ini, Sabtu (20/3). Perkembangan informasi ini termasuk distribusi vaksin AstraZeneca, kabar terkini atlet bulutangkis di laga All England juga varian baru corona.

Distribusi Vaksin AstraZeneca Pekan Depan

Pekan depan, vaksin AstraZeneca akan didistribusikan hingga ke daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Rencana ini menyusul 'lampu hijau' dari BPOM usai penangguhan sementara akibat temuan kasus pembekuan darah di sejumlah negara Eropa.


"Kemenkes selaku pelaksana program vaksinasi nasional akan mulai distribusi vaksin paling lambat Senin depan," kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/3).

Isu Covid, Tim bulutangkis Indonesia Pulang

Kontingen Indonesia di laga All England 2021 akan kembali ke tanah air, besok (21/3). Mereka dipaksa mundur dari pertandingan akibat kewajiban isolasi usai satu pesawat dengan penumpang yang positif Covid-19. Sebelumnya mereka diwajibkan melakukan isolasi hingga 23 Maret 2021.

Tim dijadwalkan berangkat dari London pukul 17.40 waktu setempat dengan maskapai Turkish Airlines TK1972. Mereka akan singgah di Istanbul selama dua jam lalu melanjutkan penerbangan tujuan Jakarta. Diperkirakan mereka akan tiba pada pukul 18.00 WIB.

Varian Baru Corona Tak Terdeteksi PCR

Ahli kesehatan sekaligus Guru Besar Fakultas Kedokteran UI, Tjandra Yoga Aditama, berkata varian baru ada yang tidak bisa terdeteksi PCR. Hal ini menyusul temuan varian Covid-19 baru oleh Kementerian Kesehatan Prancis pada 15 Maret 2021.

Temuan berasal dari hasil pemeriksaan sekuens genomik pada satu klaster infeksi di kota Lannion. Ada 8 pasien yang terbukti membawa varian baru yang sementara dinamai 'le variant breton'.

Infografis - Cara Cek Tingkat Renta Lansia sebagai Syarat VaksinInfografis - Cara Cek Tingkat Renta Lansia sebagai Syarat Vaksin. (Foto: CNN Indonesia/ Basith Subastian)

"Yang perlu dapat perhatian adalah bahwa kasus-kasus ini ternyata memberi hasil negatif waktu di tes dengan PCR test yang biasa kita pakai untuk memastikan seseorang sakit atau tidak (positif Covid-19)," kata Tjandra dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/3).

Angka Positif

Per Sabtu (20/3), jumlah total kasus positif Virus Corona di Indonesia mencapai 1.455.788 orang atau bertambah 5.656 dari hari kemarin.

Dari jumlah total kasus Corona itu sebanyak 1.284.725 orang di antaranya dinyatakan telah sembuh, dengan kasus sembuh harian sebanyak 5.760 orang.

Selain itu, total kasus meninggal dunia mencapai 39.447 orang, atau bertambah 108 orang dari hari sebelumnya.

Penambahan kasus itu berdasarkan pemeriksaan spesimen yang per hari ini mencapai 69.700 sampel.

(els/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK