Ma'ruf Amin Sebut Aturan Mudik Disampaikan Sebelum Ramadan

CNN Indonesia | Senin, 22/03/2021 15:46 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan semua pihak terkait masih mengkaji boleh tidaknya masyarakat mudik lebaran tahun ini. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah bakal memutuskan boleh tidaknya masyarakat mudik Idulfitri 2021 sebelum memasuki bulan Ramadan tahun ini (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah bakal memutuskan boleh tidaknya masyarakat mudik Idulfitri 2021 sebelum memasuki bulan Ramadan tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberi sinyal mudik akan diizinkan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal itu lantas jadi sorotan publik hingga membuat pemerintah menyatakan izin mudik belum final.

"Sebentar lagi kan puasa, saya kira sebelum puasa Pak Doni ya, sebentar lagi lah, supaya hitungannya tepat," kata Ma'ruf dalam keterangannya saat melakukan kunjungan kerja ke Lampung, Senin (22/3).


Ma'ruf menegaskan sampai saat ini pemerintah belum memutuskan secara resmi terkait kebijakan mudik jelang Hari Raya Lebaran tahun ini. Menurutnya, saat ini pemerintah masih mengkaji berbagai dampak-dampak yang akan ditimbulkan bila mudik dilaksanakan di tengah pandemi.

"Prinsipnya yang akan kita pertimbangkan dampaknya seperti apa, kalau dibolehkan dan kalau dilarang dampaknya apa pada peningkatan penularan," kata dia.

Ma'ruf memastikan pemerintah akan mengkalkulasi secara matang terkait kebijakan tersebut. Ia menegaskan mudik kemungkinan akan kembali dilarang bila memiliki dampak besar terhadap kenaikan penularan kasus positif corona.

"Saya kira akan ada perhitungan-perhitungan pasti kalau dampaknya akan besar, pasti akan dilarang. Kalau memang bisa diminimalisir tentu ada caranya, tapi putusannya nanti saya kira, yang terbaik," kata dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat menyatakan mudik tidak akan dilarang pada Idulfitri tahun ini. Berbeda dibanding tahun lalu.

Pernyataan Budi Karya langsung menjadi sorotan publik lantaran saat ini pemerintah masih belum bisa mengendalikan pandemi, tetapi sudah mengizinkan aktivitas yang berpotensi meningkatkan kasus-kasus baru.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito lalu menjelaskan kepada publik bahwa izin mudik belum final diperbolehkan pemerintah. Semua pihak terkait masih mengkaji berbagai aspek.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga berkata demikian. Dia pun mengamini bahwa mudik berpotensi meningkatkan penularan virus corona.

(rzr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK