16 Juta Dosis Bahan Vaksin Sinovac Kembali Tiba di Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 25/03/2021 12:41 WIB
Indonesia kembali mendapat 16 juta bahan vaksin Sinovac pada Kamis (25/3). Bahan Vaksin akan dibawa ke Biofarma untuk diolah menjadi vaksin. Vaksin Sinovac tiba di Indonesia. (Rusman - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono memastikan 16 juta dosis vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia. Belasan juta dosis ini merupakan bahan vaksin yang mesti diolah kembali di fasilitas Biofarma di Bandung, Jawa Barat.

"Hari ini kita berhasil datangkan vaksin tahap ketujuh dari kesemua tahap yang akan dilakukan. 16 juta vaksin dalam bentuk ball," kata Dante saat menggelar konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Kamis (25/3).

Vaksin tersebut dibawa dalam fasilitas pendingin dan diterbangkan dari China ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda. Vaksin tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten tepat pukul 12.00 WIB.


Sebanyak 16 juta dosis ini akan dibawa dengan tiga mobil truk ke fasilitas milik BPOM di Bandung.

"Vaksin dalam sembilan kontainer ini dibawa Garuda dan akan dibawa oleh tiga unit truk untuk diproduksi. Nanti akan dievaluasi baik secara mutu oleh BPOM sebelum diberikan ke masyarakat," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Dante menyebut ketersediaan vaksin memang menjadi hal yang vital di masyarakat untuk memerangi pandemi covid-19. Dengan adanya suplai vaksin baru diharapkan kecepatan seluruh proses vaksinasi bisa terus ditingkatkan.

"Kecepatannya akan terus ditingkatkan maka akan mencapai 181,5 juta vaksin yang akan kita jadikan target untuk mencapai herd immunity dalam waktu cepat," kata Dante.

Dalam kesempatan itu Dante menyebut program vaksinasi ini akan dilakukan menyeluruh di seluruh Indonesia. Presiden Joko Widodo pun baru-baru ini telah melakukan peninjauan vaksinasi ke kawasan Maluku Utara.

"Pak Jokowi saksikan vaksinasi masal di Kau, Halmahera, Maluku Utara. Salah satu daerah terpencil. Dengan ditargetkan setiap hari 100 orang yang divaksin," kata dia.


(tst/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK