RK: 500 Warga di Radius Bahaya Kilang Balongan Mengungsi

CNN Indonesia | Senin, 29/03/2021 14:35 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan 500 orang yang berada di radius bahaya dari kilang Balongan telah diungsikan oleh Pertamina. Kebakaran kilang Balongan. (Foto: AFP/AGUS SIPUR)
Bandung, CNN Indonesia --

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan pihaknya sudah menginstruksikan BPBD Provinsi Jabar untuk memastikan kebutuhan warga  terdampak kebakaran kilang minyak Pertamina Refinary Unit (RU) VI di Balongan yang mengungsi terpenuhi dan tetap aman dari penularan Covid-19.

"Warga yang berada di radius kilang potensi bahaya sudah diungsikan. Sekitar 500 orang sudah diungsikan Pertamina ke GOR dan Kantor Pendopo Indramayu," kata Emil, sapaan akrabnya, di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jabar, Kota Bandung, Senin (29/3).

Emil juga menuturkan, saat ini Pertamina telah mematikan sementara sistem operasi dan mencegah kebakaran agar tidak meluas. Hingga kini Pemprov Jabar masih menunggu informasi lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran.


"Pertamina pun menyampaikan permohonan maaf dan yang kedua juga memastikan pasokan BBM tidak terganggu," ujarnya.

Emil mengatakan, proses pemadaman kilang minyak Pertamina Balongan sudah mulai terkendali. Ia pun meminta warga untuk tidak panik.

"Keselamatan warga adalah yang utama," ucapnya.

Sebelumnya, kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu terjadi pada Senin (29/3) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Kebakaran yang menimbulkan ledakan itu terdengar hingga lima kilometer lebih.

Sedikitnya enam orang mengalami luka berat setelah menjadi korban kebakaran kilang Pertamina. Mereka mengalami luka bakar di tubuh antara 50-70 persen.

Sementara satu orang warga Kecamatan Balongan, meninggal dunia dalam insiden kebakaran kilang minyak tersebut.

"Korban jiwa satu orang meninggal dunia atas nama Mashadi Dulkodir, 61 Tahun (Laki Laki)," tutur Wakil Manajer Pusdalops PB BPBD Jabar Hadi Rahmat dalam keterangan tertulis.

Dari informasi yang diperoleh petugas di lapangan, korban jiwa terdampak kebakaran di Balongan tersebut terkena serangan jantung.

(hyg/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK