Bamsoet Minta Pemalsu KTA Perbakin Ditindak Usai Teror Mabes

CNN Indonesia | Kamis, 01/04/2021 19:58 WIB
Bambang Soesatyo meminta polisi menindak pemalsu KTA Perbakin menysul temuan KTA Perbakin palsu milik penyerang Mabes Polri, ZA. Bamsoet meminta pemalsu KTA Perbakin ditindak polisi. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Badan Penasihat Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo meminta polisi menindak para pemalsu dan penjual Kartu Tanda Anggota (KTA) Perbakin menyusul temuan KTA Perbakin palsu milik penyerang Mabes Polri, ZA.

Belakangan, KTA Perbakin diketahui bisa dibeli di sejumlah e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak dengan harga mulai dari Rp300 ribu.

Menurutnya, langkah dari polisi merespons temuan ini diperlukan agar KTA Perbakin tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.


"Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan karena penyalahgunaan KTA palsu tersebut. Apalagi si penjual sampai mematok harga tinggi, antara Rp300 ribu sampai Rp500 ribu," ujar Bamsoet kepada wartawan Kamis (1/4).

Bamsoet menuturkan, bukan hal yang mudah untuk mendapatkan KTA Perbakin. Setiap KTA Perbakin dikeluarkan oleh lembaga Perbakin, bukan diperjualbelikan melalui marketplace.

Dia menjelaskan, ada tiga tipe KTA Perbakin, yaitu Tembak Sasaran (TS) yang diperuntukkan bagi anggota penembak sasaran dengan jenis senapan angin, serta atlet penembak senapan angin; KTA Berburu (B) yang dikhususkan untuk anggota yang mahir menggunakan senjata api laras panjang dalam kegiatan berburu; serta KTA Tembak Reaksi (TR) untuk anggota yang mahir kegiatan tembak reaksi menggunakan senjata api laras pendek maupun panjang.

Ia pun menegaskan bahwa terdapat perbedaan antara KTA klub menembak dengan KTA Perbakin. Menurutnya, KTA klub seperti 'KTA Perbakin Basis Shooting Club' yang dimiliki perempuan berinisial ZA yang meneror Mabes Polri, tidak otomatis menjadi anggota Perbakin.

"Ada proses panjang yang masih harus dilalui jika ingin mendapatkan KTA PERBAKIN," ucap Bamsoet.

Sebelumnya, 'KTA Perbakin Basis Shooting Club' seperti dimiliki ZA ditemukan dapat dibeli di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

"Lengkapi unit Anda dengan KTA dan SKK Resmi dari Basis Shooting Club dalam naungan Perbakin, dan Legalitasnya jelas," tulis penjual di Bukalapak dalam kolom deskripsi.

Penjual juga bilang proses pengurusan selama tiga hari dengan syarat pembeli mengirimkan foto setengah badan, foto KTP serta jenis dan seri senjata via WhatsApp.

Penjual di Shopee juga menjelaskan hal serupa, dikatakan 'KTA Perbakin Basis Shooting Club' bisa digunakan untuk kepemilikan airsoft gun, airgun, senapan, dan Pcp.

"Barang Selalu ready," tulis penjual di Shopee.

(mts/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK