298 Penumpang KMP Bontoharu Selamat usai 'Hilang' dari Jalur

CNN Indonesia | Jumat, 02/04/2021 20:10 WIB
KMP Bontoharu yang mengangkut 298 penumpang yang sempat keluar jalur dan tak bisa dikontak kini dinyatakan selamat. Ilustrasi pencarian kapal keluar jalur. (Foto: CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar menyebut Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bontoharu, jurusan pelabuhan Bira Bulukumba-Pamatata Selayar, Sulawesi Selatan, yang sebelumnya keluar jalur kini dilaporkan sudah bisa berkomunikasi dengan petugas.

"Untuk informasi terkini KMP Bontoharu sudah dapat berkomunikasi dengan SROP (Sistem Radio Pantai) Selayar ETA, jam 23.00 tiba [di Pelabuhan] Pamatata dengan kondisi kapal aman dan penumpang aman," tutur salah satu petugas SAR Makassar, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (2/4).

Ia menambahkan jumlah penumpang KMP Bontoharu "sebanyak 298 orang".


Soal proses selanjutnya, lanjut petugas tersebut, pihaknya kini akan menuju ke posisi kapal. "KN SAR Kamajaya juga akan menuju ke posisi KMP Bontoharu untuk intersafe," ujar dia.

Sebelumnya, KMP Bontoharu dilaporkan tak bisa dikontak dan melenceng sejauh 27 Mil Laut dari jalur semula saat cuaca buruk.

(asa/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK