KMP Bontoharu Bakal Merapat di Pelabuhan Pukul 23.00 WITA

CNN Indonesia | Jumat, 02/04/2021 22:00 WIB
KMP Bontoharu yang sempat hilang kontak akan merapat ke Pelabuhan Pamatata pukul 23.00 WITA. KMP Bontoharu yang sempat hilang kontak akan merapat ke Pelabuhan Pamatata pukul 23.00 WITA. Ilustrasi. (Istockphoto/Dragonite_East).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal motor penumpang Bontoharu (KMP Bontoharu) jurusan pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba menuju pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan hingga saat ini masih berada di perairan Selayar. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Makassar Djunaidi mengatakan KMP Bontoharu baru akan tiba pukul 23.00 WITA. Padahal, kapal yang berangkat pada pukul 09.30 WITA itu dijadwalkan tiba di Pamatata pada pukul 14.00 WITA.

"Jam 23.00 (WITA) tiba Pamatata dengan kondisi kapal aman dan penumpang aman," kata Djunaidi kepada awak wartawan, Jumat (2/4) malam.


Djunaidi mengatakan KMP Bontoharu sudah bisa dihubungi dan dapat berkomunikasi dengan SROP Selayar ETA.

Pihaknya juga mengirimkan KN Sar Kamajaya dengan 19 orang crew guna melakukan intercept.

"Mereka akan melakukan intercept, yaitu memotong jalur pelayaran untuk dapat segera menuju ke lokasi KMP Bontoharu," tuturnya.

Sebelumnya, KMP Bontoharu sempat tidak bisa dihubungi setelah melakukan pelayaran selama beberapa jam di lautan dalam cuaca buruk.

Kepala Seksi Operasi Pencarian dan Pertolongan Kantor Basarnas Makassar Muh Rizal mengatakan perjalanan kapal Bira, Bukumba-Pamatata, Selayar umunnya ditempuh dalam waktu empat jam.

"Jam 2 (14.00 WITA) biasanya sudah tiba di pelabuhan tujuan," kata Rizal saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Menurut Rizal, berdasarkan pantauan Automatic Identification System (AIS) kapal yang membawa 298 penumpang dan tersbeut sempat keluar dari jalur hingga sejauh 37 mil laut.

"AISnya masih nyala," kata Rizal.

(iam/sfr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK