150 Ribu Kendaraan Balik ke Jakarta Usai Libur Panjang Paskah

CNN Indonesia | Minggu, 04/04/2021 12:51 WIB
Jawa Marga mencatat 150 ribu kendaraan balik ke Jakarta hingga Sabtu (3/4). Itu terjadi usai libur panjang Paskah 2021. Jasa Marga menyatakan 150 ribu kendaraan masuk kembali ke Jakarta pada Sabtu (3/4) usai libur pajang Paskah. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalismaa).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Jasa Marga (Persero) mencatat arus balik kendaraan usai libur panjang atau long weekend Hari Raya Paskah sekitar 150 ribu kendaraan hingga Sabtu (3/4).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan jumlah itu tersebar di sejumlah gerbang tol menuju Jakarta, seperti Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi.

"PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 150.550 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H-1 Hari Raya Paskah atau pada Sabtu (3/4) ," kata Dwimawan lewat keterangan tertulis, Minggu (4/4).


Dwimawan menyampaikan dengan pergerakan itu, jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta meningkat 22,40 persen dari hari biasa. Puncak arus balik libur panjang Hari Raya Paskah terjadi pada Sabtu (3/4) siang hingga malam hari.

Dia menyebut sebagian kendaraan berasal dari arah timur atau Tol Trans Jawa. Jasa Marga mencatat sekitar 73 ribu kendaraan atau 48,82 persen arus balik berasal dari arah ini.

Sementara kendaraan yang berasal dari arah barat atau Banten sekitar 44.303 kendaraan (29,43 persen). Adapun jumlah kendaraan yang masuk dari arah selatan sekitar 32.746 kendaraan (22,75 persen).

Dwimawan berkata pihaknya siaga di setiap penjuru tol. Jasa Marga menggandeng kepolisian untuk memastikan perjalanan masyarakat selama libur panjang tetap aman.

"Kami juga senantiasa mengimbau agar pengguna jalan tol memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak terutama saat pengguna jalan berada di rest area," tuturnya.

(dhf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK