Hujan Disertai Angin Kencang di Bandung, Pohon Bertumbangan

CNN Indonesia | Minggu, 11/04/2021 20:01 WIB
Sejumlah pohon di pinggir jalan tumbang menimpa kendaraan usai hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Bandung, Minggu (11/4). Ilustrasi pohon tumbang. Foto: CNNIndonesia/Jun Mahares
Bandung, CNN Indonesia --

Hujan disertai angin kencang melanda sejumlah titik di Kota Bandung pada Minggu (11/4). Akibatnya, sejumlah pohon di pinggir jalan roboh hingga menimpa kendaraan.

Informasi yang dihimpun, lokasi pohon tumbang di Bandung sore tadi tersebar di lima titik. Ke-5 titik tersebut yaitu di Jalan Tersusan Buah Batu, Jalan Soekarno Hatta (sebrang Pabrik Badjoe), Jalan Stasiun Lama Kiaracondong, Jalan Parakan 3, dan Jalan Gamelan Turangga.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Yusuf Hidayat mengonfirmasi pohon tumbang tersebut.


"Betul dan masih dalam penanganan. Kami juga berkoordinasi dengan DPKP3," kata Yusuf dalam pesan singkat, Minggu (11/4).

Menurut Yusuf, Diskar PB menurunkan petugas untuk mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Gamelan dan Buah Batu. Sedangkan, sisanya oleh DPKP3.

"Ada yg ditangani oleh Diskar dan ada yang ditangani oleh dinas terkait," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kiaracondong Ajun Komisaris Deden Deni membenarkan adanya pohon tumbang di Jalan Stasiun Lama. Sejumlah pohon yang tumbang sekitar pukul 14.00 WIB itu menimpa tiga unit mobil.

"Satu tertimpa batang pohon dan dua lainnya mengalami pecah kaca. Yang tertimpa tiga unit kendaraan, merek Rush, Cayla dan satu sedan," tutur Deden.

Selain kendaraan, pohon juga menimpa dua warung milik warga. Satu di antaranya mengalami rusak parah. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kejadiannya, ada hujan dan angin kencang kemudian pohon tumbang," ucapnya.

Terpisah, Prakirawan cuaca BMKG Bandung Muhammad Iid mengatakan, penyebab fenomena hujan dan angin kencang karena saat ini memasuki musim pancaroba.

"Potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang ini masih bisa terjadi di sepanjang masa transisi pancaroba," ujarnya.

Terkait dengan cuaca ekstrem, BMKG mengimbau masyarakat menghindari pepohonan, baliho dan bangunan kurang kokoh lainnya. Untuk kendaraan roda empat bila sedang hujan untuk tidak diparkir di bawah pohon, karena berisiko pohon tumbang.

(hyg/gil)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK