Survei: Prabowo, Risma, Ganjar Capres Favorit Milenial Jatim

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 07:12 WIB
Hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) mencatat Prabowo, Risma, dan Ganjar bersaing ketat merebut perhatian kalangan milenial di Jatim untuk Pilpres 2024. Prabowo Subianto saat tiba di acara Perayaan HUT Partai Gerindra di DPP Gerindra, Jakarta. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga nama pejabat negara mulai mencuri perhatian kalangan pemilih muda atau kalangan milenial di Jawa Timur untuk Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Ketiganya adalah Prabowo Subianto yang kini menjabat Menteri Pertahanan, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Prabowo, Risma, dan Ganjar bersaing ketat baik di survei top of mind maupun elektabilitas yang menyasar responden dari kalangan milenial," kata Direktur Riset Surabaya Survey Center (SSC) Edy Marzuki, Senin (12/4).


Dalam survei top of mind, Prabowo memuncaki hasil dengan capaian 8,9 persen. Kemudian disusul Risma dan Ganjar yang masing-masing meraih 7,8 persen dan 5 persen.

Sementara, nama-nama lain yang muncul seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Mahfud MD hanya meraih perolehan di bawah 3 persen.

"Kalau untuk elektabilitas, Risma memuncaki dengan 15 persen. Baru disusul oleh Prabowo dan Ganjar yang masing-masing mengantongi 10,8 persen dan 9,9 persen," kata dia.

Meski demikian, ia mengungkapkan ceruk di kalangan milenial untuk bursa capres masih begitu terbuka. Hal itu ditandai dengan tingginya responden yang tidak menjawab.

"Di survei top of mind, 67,6 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Untuk survei elektabilitas, 41,4 persen memilih tidak tahu dan tidak menjawab. Ini ceruk yang sangat potensial mengingat pilpres masih di tahun 2024," ucap Edy.

Penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan pada 5-25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Populasi survei adalah seluruh calon pemilih atau seluruh penduduk di Jawa Timur dengan minimal berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah. Penentuan responden dari kalangan milenial dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

(frd/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK