Densus 88 Tangkap Buron Terduga Teroris Jakarta Saiful Basri

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 12:40 WIB
Densus 88 menangkap satu buron terduga teroris di Jakarta bernama Saiful Basri pada Kamis (15/4) pagi pukul 06.00 WIB. Ilustrasi. Densus 88 menangkap satu buron terduga teroris di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/ Damar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris bernama Saiful Basri yang sempat dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan membenarkan penangkapan itu. Namun demikian, dia belum dapat menuturkan lebih lanjut mengenai proses hukum yang sedang berjalan terhadap buronan tersebut.

"Benar sudah ditangkap," kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Kamis (15/4).


Berdasarkan informasi yang dihimpun, Saiful Basri tengah diamankan di Polsek Pasar Minggu dan kini dalam proses pemeriksaan lebih lanjut. Penangkapan dilakukan pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Basri merupakan buronan terkait sejumlah aksi teror yang direncanakan oleh kelompok di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Perkara Saiful terendus usai polisi mengembangkan operasi di wilayah Condet, Jakarta Timur dan wilayah Kabupaten Bekasi awal April kemarin.

Terduga teroris ini diduga melanggar Pasal 15 jo Pasal 7 jo Pasal 9 Undang-undang nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan tentang Undang-undang nomor 15 tahun 2003.

Tercatat, total sudah terdapat 13 tersangka teroris yang juga telah diamankan oleh penyidik Densus 88 di wilayah DKI Jakarta.

Para tersangka teroris itu diduga tak terafiliasi dengan jaringan teror Jamaah Islamiyah (JI) ataupun Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Mereka ditangkap karena polisi telah memiliki cukup bukti untuk menjerat mereka terkait kasus terorisme.

(mjo/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK