HUT Kopassus ke-69, Luhut Merasa Masih Berjiwa Baret Merah

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 14:40 WIB
Sejumlah tokoh mengucapkan HUT ke-69 bagi Kopassus TNI AD, seperti Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Menhan Prabowo, Panglima TNI, hingga Wapres Ma'ruf Amin. Ilustrasi prajurit Kopassus TNI AD. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta para prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk tak mengkhianati spirit korps baret merah.

Hal itu dikatakannya terkait momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kopassus TNI AD, hari ini, Jumat (16/4).

"Saya berpesan kepada anda sekalian, supaya kalian prajurit Kopassus jangan pernah mengkhianati janji komando yang pernah kita ucapkan sewaktu dilantik menjadi prajurit komando di Pulau Nusakambangan. Di mana satu janji itu kesetiaan kita kepada Korps Baret Merah," kata Luhut dalam tayangan video di akun instagram resmi miliknya, Jumat (16/4).


Sejak bergabung dengan Kopassus di tahun 1971, ia mengaku mendapat banyak pelajaran dalam hal kedisiplinan dan kebersamaan.

"Saya masuk korps baret merah ini pada umur yang sangat muda dan saya mengikuti latihan komando dan mengikuti berbagai kursus pasukan khusus selama saya di Kopassus," kata dia.

Kopassus kata Luhut memiliki satu kelebihan yakni nilai-nilai yang memang dijunjung tinggi oleh para prajuritnya. Maka kata dia, hal ini tentu harus dipegang juga oleh para prajurit yang tergabung di Kopassus saat ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

"Saya memasuki umur 74 tahun ini, itu masih tetap diwarnai dari spirit korps baret merah ini dan kalian saya titip jangan pernah mengkhianati korps baret merah ini dan jangan pernah mengkhianati NKRI yang kita cintai," cetusnya.

Selain Luhut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga turut mengucapkan dirgahayu untuk satuan yang pernah dia pimpin. Ia pun mengunggah foto saat dirinya masih menjadi anggota koppasus dengan dibubuhi ucapan selamat ulang tahun.

"Dirgahayu Kopassus TNI AD yang ke-69," kata Prabowo.

Tak ketinggalan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melalui unggahan video di akun Puspen TNI, mengingatkan agar para prajurit yang tergabung di Koppasus bisa terus berinovasi dan tetap menjaga profesionalisme mereka.

"Di usia yang sudah matang ini, terus tingkatkan profesionalisme dengan berlatih, berlatih dan berlatih. Kembangkan inovasi dalam hadapi tantangan yang komplek demi bangsa dan RI," kata dia.

Selain itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin ingin di usia saat ini Kopassus terus meningkatkan profesionalisme dalam setiap tugasnya.

"Saya harap Kopassus sebagai pasukan khusus yang berdedikasi tinggi dapat tingkatkan profesionalisme dan integritasnya dalam pengabdian diri kepada bangsa dan negara," kata dia.

(tst/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK