Polda Metro Tambah Titik Sekat Pemudik Jabodetabek

CNN Indonesia | Sabtu, 17/04/2021 15:45 WIB
Polda Metro Jaya menyiapkan 31 titik pos pengamanan selama periode larangan mudik, 6-17 Mei 2021, terdiri dari 17 checkpoint dan 14 pos penyekatan. Polda Metro Jaya menyiapkan 31 titik pos pengamanan selama periode larangan mudik, 6-17 Mei 2021, terdiri dari 17 checkpoint dan 14 pos penyekatan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Jalur tersebut akan berada di sejumlah titik perbatasan antara kota ataupun kabupaten yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Setelah rapat untuk penentuan titik penyekatan, kami simpulkan bahwa mulai tanggal 6-17 Mei nanti akan ada 31 titik pos pengamanan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Sabtu (17/4).


Jumlah tersebut diketahui bertambah dari yang sebelumnya yang hanya 16 titik sekat. Artinya, posko yang disiapkan bertambah sebanyak 15 titik.

Sambodo menerangkan, 31 posko itu akan berbentuk 17 checkpoint dan 14 pos penyekatan. Nantinya, titik-titik itu akan dijaga oleh sekitar 1.313 personel kepolisian.

Pemerintah sendiri telah resmi melarang masyarakat aktivitas mudik lebaran 2021 sejak 6 hingga 17 Mei 2021. Larangan itu dikeluarkan dengan mempertimbangkan risiko penularan Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Kementerian Perhubungan pun melarang total operasi dari semua moda transportasi darat, laut, udara, hingga kereta selama masa mudik lebaran tersebut.

Selain itu, kepolisian mempersiapkan 333 titik pos penyekatan yang tersebar di wilayah Lampung hingga Bali dalam rangka larangan mudik Lebaran 6-17 Mei.

Rinciannya, Polda Lampung 8 titik, Polda Banten 16 titik, Polda Metro Jaya 8 titik, Polda Jawa Barat 132 titik, Polda Jawa Tengah 149 titik, Polda DIY 10 titik, Polda Jawa Timur 7 titik, dan Polda Bali 3 titik.

Berdasarkan gambar yang diterima CNNIndonesia.com, berikut ialah titik-titik pos Polda Metro Jaya yang dipersiapkan selama masa larangan mudik:

1. Jakarta Barat:
- Kalideres
- Joglo

2. Jakarta Timur
- Lampiri
- Panasonic

3. Jakarta Utara
- Jln Perintis Kemerdekaan

4. Jakarta Selatan
- Pasar Jumat
- Budi Luhur

5. Kota Bekasi
- Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat
- GT Bekasi Timur
- Jln Sumber Arta
- Harapan Indah

6. Kabupaten Bekasi
- KD Waringin
- Cibeet
- Kalimalang Tambun
- GT Tambun
- GT Cibitung
- GT Cikarang Pusat
- GT Cibaut
- Cibarusah

7. Depok
- Jln Raya Ciputat Bogor (Depan Perum BSI)
- Jln Raya Bogor (SPBU Cilangkap)
- GT Brigif
- GT Kukusan
- Simpang Bambu Kuning, BJ Gede

8. Kota Tangerang
- Kebon Nanas
- Jatiuwung

9. Tangerang Selatan
- GT Bitung
- Pos Bitung

10. Polda Metro Jaya
- Penyekatan Cikarang Barang
- Putaran GT Cikarang Barat
- Cikupa

(mjo/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK