UPDATE CORONA 17 APRIL

Rangkuman Covid: Vaksin untuk Artis, Kasus Jakarta Meningkat

CNN Indonesia | Sabtu, 17/04/2021 18:15 WIB
Kemenparekraf memulai vaksinasi terhadap 120 orang pelaku seni di Jakarta Selatan. Sementara itu, kasus Covid-19 di Jakarta naik signifikan dalam dua pekan. Pengunjung berjalan di area salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Kemang, Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Situasi pandemi virus corona di Indonesia masih belum berakhir hingga April 2021. Per Sabtu (17/4) tercatat kasus positif Covid-19 mencapai 1.599.763 orang di mana jumlah itu bertambah 5.041 dari hari sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.450.192 orang sembuh (bertambah 5.963 orang) dan 43.328 orang lainnya meninggal (bertambah 132 jiwa).

Sementara, kasus aktif bagi pasien yang masih mendapat perawatan atau isolasi mandiri sebanyak 106.243 orang, atau berkurang 1.054.


Sejumlah kebijakan pemerintah terus dilakukan untuk mengatasi situasi pandemi. Mulai dari program vaksinasi hingga larangan mudik Lebaran 2021 mulai 6-17 Mei.

Presiden RI Joko Widodo mewanti-wanti, lonjakan kasus positif Covid-19 melonjak lantaran libur panjang dalam beberapa waktu terakhir. Ia tak ingin hal itu terjadi pada musim libur Idulfitri kali ini.

Namun demikian, kebijakan larangan mudik itu sempat menuai polemik lantaran di sisi lain pemerintah turut membuka objek wisata selama liburan berlangsung.

Berikut CNNIndonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Indonesia dalam 24 jam terakhir:

Vaksinasi Pelaku Seni

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memulai vaksinasi terhadap kurang lebih 120 orang pelaku seni alias ekonomi kreatif di wilayah Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Sabtu (17/4).

Sejumlah selebritas pun ikut serta dalam kegiatan vaksinasi itu. Beberapa di antaranya, Arya Saloka, Armand Maulana, Nia Dinata, Surya Saputra, hingga Chicco Jerikho.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan vaksinasi untuk pelaku ekonomi kreatif akan diprioritaskan di wilayah Jawa Barat, Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur).

Ongkos Haji Berpeluang Naik

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi membuka kemungkinan ongkos haji pada 1442 Hijriah/2021 akan naik apabila otoritas Arab Saudi resmi membuka pelaksanaan kegiatan ibadah itu tahun ini.

Zainut menjabarkan salah satu faktor penyebabnya ialah karena biaya protokol kesehatan. Selain itu, kuota jemaah yang ikut haji juga akan berpengaruh, pajak tambahan dari Arab Saudi, hingga nilai tukar rupiah terhadap dolar.

"Rencana kenaikan ongkos haji pada 2021 tak dapat dihindari. Rencana kenaikan ongkos haji pada 2021 tersebut sangat bisa dimaklumi. Namun besarannya belum resmi diputuskan," kata Zainut dalam keterangan resminya yang dikutip Jumat (16/4).

Kementerian Agama pun, kata dia, sudah menyusun beberapa skenario penyelenggaraan haji pada masa pandemi. Skenario disusun berdasarkan aspek non-ibadah dan ibadah.

Travel Bubble Ditarget Juni

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pembukaan perjalanan secara terbatas alias travel bubble akan mulai berlaku pada Juni 2021. Dalam hal ini, Sandi merujuk pada tiga wilayah, yakni Bali, Bintan dan Batam (3B).

Namun demikian, dia mengatakan bahwa penerapan kebijakan itu masih akan melihat situasi perkembangan Covid-19 di kawasan tersebut. Pasalnya, pembahasan travel bubble itu telah masuk ke tahap finalisasi.

"Ditargetkan memang Juni-Juli, sesuai arahan Presiden Jokowi. Tetapi kami melihat bahwa memang angka covid 19 itu yang nanti akan menentukan. Kalau terkendali dan dalam posisi kondusif, tentunya bisa kami realisasikan," kata Sandi, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (17/4).

Selain 3B, Sandi mengaku sudah menerima masukan daerah lain untuk menjadi kandidat travel bubble berikutnya. Di antaranya adalah Belitung, Yogyakarta dan Danau Toba.

Kasus Corona Jakarta Naik

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan bahwa kasus positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir sedang naik dengan cukup signifikan.

Padahal, kata dia, jumlah angka kasus tersebut sudah mulai menurun secara perlahan. Dalam catatannya memang, dalam sebulan terakhir penambahan kasus harian di ibu kota cenderung fluktuatif.

Dari data yang diperoleh, pada periode 16-22 Maret, jumlah kasus Covid-19 di DKI berjumlah sebanyak 10.521 kasus. Di pekan selanjutnya, yakni mulai 23-29 Maret kasus menurun menjadi total 8.650 kasus.

Kemudian pada periode 30 Maret-5 April kasus terus menurun menjadi 6.283 kasus. Namun pada sepekan belakangan ini pada periode 6-12 April, penambahan kasus Covid-19 naik sedikit menjadi total 6.301 kasus dalam sepekan.

"Kita sudah turun drastis, tetapi seminggu, dua minggu terakhir, harian kita mulai terjadi peningkatan," ujar Widya.

Hari ini jumlah kasus Covid-19 di Jakarta mencapai 1.037, sehingga secara kumulatif yaitu 398.125 kasus.

Syarat GeNose di Tanjung Perak

Kementerian Perhubungan resmi menggunakan alat test GeNose C-19 di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sebagai alternatif persyaratan bepergian penumpang kapal pada Sabtu (17/4).

GeNose sebagai salah satu persyaratan penumpang kapal termuat dalam Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021. Penggunaan pertama kali sudah dilakukan pada awal April lalu di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Selanjutnya, direncanakan untuk dilanjutkan pada Pelabuhan Utama yang lain, dan tentunya diharapkan dapat diterapkan juga pada pelabuhan-pelabuhan lainnya di seluruh Indonesia," kata Dirjen Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo dikutip dari Antara, Sabtu (17/4).

Infografis Jenis Masker Mana yang Lebih Efektif untuk Cegah Corona?Infografis Jenis Masker yang Lebih Efektif untuk Cegah Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)
(mjo/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK