Sidang Tak Disiar Online, Simpatisan Rizieq Datangi PN Jaktim

CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 10:44 WIB
Berdasarkan pantauan, meskipun tak boleh masuk ke kompleks pengadilan, beberapa simpatisan terlihat masih mendatangi area sekitar PN Jaktim hari ini. Puluhan aparat TNI-Polri berjaga di gerbang Pengadilan Negeri Jakarta Timur, saat digelar persidangan Rizieq Shihab, Senin (19/4/2021). (CNNIndonesia/Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa simpatisan terdakwa kasus kerumunan Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Bogor, Rizieq Shihab tampak masih mendatangi kompleks Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).

Diketahui, Rizieq akan menjalani persidangan terkait dua kasus kerumunan itu dengan nomor perkara 221 dan 226 pada hari ini, Senin (19/4).

Adapun agenda persidangan hari ini adalah pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.


Sejak sekitar pukul 08.20 WIB, simpatisan Rizieq tampak merapat ke Posko Kemanusiaan yang didirikan polisi di sekitar lokasi kompleks PN Jaktim. Mereka mengenakan baju koko putih dan bersarung.

Sebelum menjadi posko, tempat tersebut adalah halte bus yang berada di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

Mereka duduk rapi di halte tersebut dan kemudian melakukan foto bersama. Beberapa kuasa hukum Rizieq juga merapat di tenda tersebut. Salah satunya adalah Aziz Yanuar

Sementara itu, puluhan aparat TNI-Polri berjaga di gerbang PN Jaktim. Sebuah mobil pengurai massa (Raisa) milik unit Sabhara Polres Jakarta Timur juga terparkir di depan gerbang.

Polisi masih memblokade trotoar di sekitar gerbang PN Jaktim dengan kawat berduri. Akses penggunaan JPO di depan gerbang pengadilan juga dijaga.

Beberapa simpatisan Rizieq tampak merapat di posko kemanusiaan yang didirikan polisi. Posko tersebut berada di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (19/4). CNNIndonesia/Syakirun NiamBeberapa simpatisan Rizieq tampak merapat di posko kemanusiaan yang didirikan polisi. Posko tersebut berada di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (19/4). (CNNIndonesia/Syakirun Niam)

Di bawah tangga JPO seberang jalan Ir H Soemarno yang melintang di depan PN Jaktim juga terparkir puluhan motor aparat. Mereka tampak berjaga di akses JPO tersebut.

Puluhan polisi juga tampak berjaga di titik-titik yang menjauhi gerbang pengadilan.

Penjagaan keamanan hari ini tampak lebih ketat dari persidangan kasus dugaan pemalsuan hasil tes swab RS Ummi Bogor sebelumnya yang digelar pada Rabu (14/4).

Sebelumnya, Humas PN, Alex Adam Faisal mengatakan sidang hari ini tak disiarkan langsung melalui layanan daring di Kanal Youtube pengadilan seperti sidang-sidang sebelumnya. Ia mengklaim hal tersebut sudah sesuai dengan pasal 159 KUHAP. Meskipun demikian, kata dia, para wartawan masih bisa meliput jalannya sidang melalui monitor yang sudah disediakan di area PN Jaktim.

(iam/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK