Anies Pamerkan Deret 12 Penghargaan di Depan DPRD DKI

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 09:08 WIB
Di sela pembacaan laporan pertanggungjawaban di hadapan anggota DPRD DKI Jakarta, Gubernur Anies turut membeberkan 12 penghargaan yang diraih sepanjang 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) saat peringatan HUT ke-493 Kota Jakarta di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6/2020). (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 'memamerkan' sejumlah penghargaan yang diperoleh selama tahun 2020 di hadapan anggota DPRD. Setidaknya ada 12 penghargaan DKI Jakarta yang dibanggakan Anies.

Momen itu terjadi dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (19/4) saat menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ).

"Sebagai apresiasi terhadap kolaborasi bersama antara Pemprov DKI Jakarta bersama DPRD, serta para pelaku pembangunan, dapat saya sampaikan bahwa pada tahun 2020 dan awal tahun 2021, Pemprov DKI Jakarta menerima beberapa penghargaan yang menggambarkan kinerja dan inovasi atas pembangunan kota," kata Anies dalam keterangan tertulis, Senin (19/4).


Sebanyak 12 penghargaan itu salah satunya Sustainable Transport Award 2021 oleh Institute for Transportation Development Policy (ITDP) yang diberikan sebagai apresiasi terbaik bagi Kota Jakarta yang dinilai berhasil memperbaiki sistem mobilitas selama 18 bulan terakhir.

Kedua, Harmony Award 2020 oleh Kementerian Agama RI di mana Pemprov DKI bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memperoleh piagam atas kontribusi Jakarta membangun kehidupan dan kerukunan umat beragama

Berikutnya, yang ketiga yakni TOP Digital Awards 2020 untuk kategori Top Digital Implementation 2020 on Province Government Level Stars 5, Top Digital Transformation Readiness 2020 dan Top Leader on Digital Implementation 2020.

Penghargaan tersebut mengapresiasi inovasi Pemprov DKI di bidang teknologi, yakni super app JAKI yang mengintegrasikan seluruh data dalam satu aplikasi digital serta JakWIFI yang memfasilitasi internet hingga daerah terpencil di Ibu Kota.

Infografis 5 Ikon Jakarta Selain Monas

Keempat, yakni Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) Terbaik Tahun 2020 untuk Kategori IPK Terbaik pada Indikator Utama Kesempatan Kerja dan IPK Terbaik pada Indikator Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Kelima, Innovative Government Award (IGA) 2020 dari Kementerian Dalam Negeri untuk kategori Provinsi Terinovatif 2020.

Keenam, Kota Peduli HAM 2020 yang diberikan Kementerian Hukum dan HAM. Capaian tersebut diperoleh berdasarkan pemenuhan tujuh syarat kriteria daerah peduli HAM mencakup hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Ketujuh, Bhumandala Award untuk kategori Bhumandala Kanaka Simpul dari Badan Informasi Geospasial. Kedelapan, Pemerintah Daerah Berkualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat.

Selanjutnya, penghargaan kesembilan, Indonesia Government Procurement Award 2020 dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKKP). Jakarta mendapat penghargaan di kategori 'Inovasi Pengadaan yang Mendukung Transparansi Belanja Pengadaan'.

Kesepuluh, juara umum ke-2 lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXVIII tahun 2020. Kesebelas, Kompetisi Nasional Program Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) 2020 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dan terakhir adalah TOP BUMD Awards 2020 untuk kategori Top Pembina BUMD dari Majalah Top Business. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas bimbingan kepada BUMD di Jakarta sehingga berprestasi dan berkinerja baik.

(dmi/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK