Muhadjir soal Kamus Terbitan 2017: Yang Tahu Hilmar Farid

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 18:00 WIB
Eks Menkdikbud Muhadjir Effendy enggan berkomentar soal pengakuan Mendikbud Nadiem Makarim bahwa Kamus Sejarah Nasional dibuat pada 2017, saat Muhadjir menjabat Eks Mendikbud Muhadjir Effendy melemparkan kasus ketiadaan tokoh NU di Kamus Sejarah Nasional ke Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. (Foto: CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy enggan banyak berkomentar soal penyusunan Kamus Sejarah Indonesia Jilid I yang tidak memuat tokoh pendiri NU Hasyim Asy'ari yang disebut dilakukan di eranya.

Ia menyatakan masalah itu sepenuhnya diketahui oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid.

Hal ini diungkap Muhadjir menyusul pernyataan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyebut penyusunan kamus tersebut dilakukan sebelum dia menjabat sebagai Menteri, yakni pada 2017. Itu berarti di masa Muhadjir menjabat Mendikbud.


"Yang tahu duduk masalahnya Pak Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan," kata Muhadjir melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/4).

Muhadjir, yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), tak merespons lebih jauh terkait polemik buku ensiklopedia tokoh sejarah itu.

Sebelumnya, Nadiem mengatakan kamus sejarah yang saat ini menuai kontroversi itu disusun sebelum dirinya menjabat sebagai Mendikbud.

"Kamus sejarah ini disusun tahun 2017 sebelum saya menjabat," ungkap Nadiem dalam unggahan video di Instagramnya @nadiemmakarim, Rabu (21/4).

CNNIndonesia.com juga telah berupaya menghubungi Dirjen Kebudayaan, Hilman Farid untuk mengkonfirmasi pernyataan Muhadjir. Namun pesan singkat dan telepon belum direspon hingga berita ini dimuat.

Hilmar sendiri sudah menjelaskan perihal kamus tersebut. Bahwa, ada kealpaan yang tak disengaja soal tidak diakomodasinya tokoh pendiri NU itu. Pasalnya, ada keterbatasan tahun anggaran yang membuat buku harus segera dituntaskan.

(tst/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK