Vaksinasi Pedagang Kembalikan Rasa Aman Belanja di Pasar

KPCPEN, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 10:29 WIB
Saat ini vaksinasi tuntas digelar di Pasar Tanah Abang, Pasar Induk Kramat Jati, serta Pasar Kebayoran Lama. Sasaran berikutnya, pedagang di Pasar Mayestik. Vaksinasi Covid-19 terhadap para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/2). (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program vaksinasi nasional yang digelar pemerintah meniupkan harapan segar bahwa pandemi akan segera dapat dikendalikan. Masyarakat serta para pelaku usaha termasuk UMKM mulai merasa aman untuk kembali berkegiatan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ferry Jualiantono yang menyatakan apreasiasi atas inisiatif vaksinasi terhadap pedagang di pasar.

"Pedagang pasar perlu untuk divaksinasi karena mereka yang sering berinteraksi dengan masyarakat. Mudah-mudahan pemerintah bisa mendorong vaksinasi tidak hanya di Pasar Tanah Abang, tapi semua pasar yang ada," kata Ferry dalam acara Dialog Publik yang diselenggarakan KPCPEN dan ditayangkan di FMB9ID_IKP, Rabu (21/4).


Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menambahkan, saat ini vaksinasi kedua telah diberikan bagi lebih dari 30 ribu pedagang di Pasar Tanah Abang. Capaian itu menjadi prestasi tersendiri, karena sebelumnya estimasi awal sebesar 15 ribu orang.

"Di Pasar Tanah Abang yang saat ini sudah selesai vaksinasi kedua, telah mampu memberikan efek psikologis seperti adanya keramaian yang memang tetap saya minta pengunjung agar memperhatikan protokol kesehatan. Indikator meningkatnya transaksi mulai terlihat meskipun salah satu indikatornya karena di bulan Ramadan juga," ujarnya.

Tidak hanya di Pasar Tanah Abang, vaksinasi juga sudah tuntas digelar di Pasar Induk Kramat Jati, serta Pasar Kebayoran Lama. Berikutnya, para pedagang di Pasar Mayestik disebut Arief menjadi sasaran program vaksinasi.

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia M. Ikhsan memaparkan, selain vaksinasi, keberhasilan pemulihan ekonomi juga ditunjang oleh kebijakan pemerintah lainnya.

"Seiring dengan program vaksinasi ada kepercayaan diri masyarakat untuk bisa keluar rumah sehingga terjadi konsumsi. Keberhasilan pemerintah dalam program vaksinasi untuk menangani Covid-19, berarti juga keberhasilan pemerintah dalam memulihkan ekonomi," tutur Ikhsan.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK