Tjahjo Ingin ASN Diajak ke Eropa, Lihat Pelayanan Negara Maju

CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 14:58 WIB
Menpan-RB Tjahjo Kumolo yakin pengalaman langsung melihat negara maju bisa bermanfaat bagi ASN dalam mengembangkan layanan publik. Menpan-RB Tjahjo Kumolo ingin ASN diajak ke luar negeri untuk melihat bagaimana pemerintahan berjalan di negara maju (CNN Indonesia/ Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo ingin aparatur sipil negara (ASN) diajak ke luar negeri untuk melihat bagaimana pemerintahan berjalan di negara lain.

ASN yang dimaksud yakni setingkat sekretaris daerah (sekda), sekretaris jenderal (sekjen) lembaga, serta sekretaris utama (sestama) lembaga.

"Makanya kami minta pada deputi pelayanan publik Kementerian PANRB, ajaklah sekda (sekretaris daerah), atau sekjen (sekretaris jenderal), atau sestama (sekretaris utama lembaga) berkunjung ke negara-negara yang selama ini kita jadikan role model," tuturnya dalam acara yang disiarkan langsung melalui Youtube Kementerian PANRB, Kamis (22/4).


"Kecil lah, ada negara kecamatan, Singapura. Negara agak sedikit besar kayak Korea Selatan. Satu negara di Eropa. Bisa kita berkunjung melihat, kecepatan inovasi," tambah dia.

Tjahjo mengatakan kegiatan itu perlu dilakukan karena menurutnya pelatihan terhadap ASN, yang kerap disebut diklat, tidak bisa hanya mengandalkan pengajaran di dalam ruangan.

Ia menilai ASN harus melihat langsung contoh-contoh yang bisa diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari.

Menurut Tjahjo, masih banyak penerapan dan pengelolaan pelayanan publik di Indonesia yang perlu dibenahi dan bisa mencontoh negara-negara lain yang lebih maju.

Politikus PDI Perjuangan itu mengungkap dari 514 kabupaten/kota, setidaknya baru 100 daerah yang memiliki layanan publik terpadu. Sementara di sisi rekrutmen pelayan publik, ia mendapati masih ada kendala yang umumnya bersifat teknis.

"Tidak seperti sekarang ini. Kita mencari eselon II saja masih ngacak, masih bingung. Siapa ini, siapa itu. Harus ada bank data, sistem merit dibangun dengan baik oleh KASN," ucapnya.

Sementara itu, Tjahjo ingin ASN bisa memastikan pelayanan publik dijalankan dengan cepat. Khususnya mulai dari pelayanan-pelayanan kecil, seperti pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran, dan dokumen lainnya.

"Leader-nya pada eselon I dan eselon II. Gimana menggerakkan yang fungsional cepat beradaptasi. Cepat dalam proses pengambilan keputusan politik. Ini yang kita coba ke depan dengan baik," tambah dia.

(fey/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK