UPDATE CORONA 22 APRIL

Rangkuman Covid: Pengetatan Mudik, Ratusan WN India Masuk RI

CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 18:47 WIB
Rangkuman covid-19 Kamis (22/4) meliputi pengetatan mudik yang dimulai pra dan pasca larangan mudik hingga ratusan WN India masuk RI. Ilustrasi. Larangan mudik Lebaran. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wabah global virus corona (covid-19) yang telah menjangkit Indonesia selama setahun lebih telah mengakibatkan sebanyak 44 ribu jiwa meninggal akibat terinfeksi virus menular ini.

Di Indonesia, berbagai kebijakan pemerintah juga digalakkan mulai dari pembatasan mobilitas warga, peniadaan mudik, hingga program vaksinasi nasional yang sudah berjalan hampir tiga bulan.

Terbaru, pemerintah berupaya melakukan pengetatan larangan mudik di pra dan pasca periode larangan yakni 6-17 Mei. Di tengah pengetatan itu, Kementerian Kesehatan menyebut Indonesia kedatangan ratusan Warga Negara Asing (WNA) dari India.


Kedatangan WN India ini dinilai mengkhawatirkan lantaran negara berpenduduk 1,3 miliar itu saat ini menghadapi situasi sulit akibat lonjakan covid-19.

CNNIndonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

Pengetatan Mudik

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menerbitkan Addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah. Dalam surat edaran tersebut, pengetatan mudik Lebaran dimulai hari ini atau H-14 jelang larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Pengetatan akan berakhir H+7 larangan mudik atau hingga 24 Mei mendatang. Salah satu poin utama tambahan kebijakan anyar itu adalah tes pemeriksaan deteksi covid-19 hanya berlaku 1 x 24 jam dari yang awalnya 3 x 24 jam.

135 WN India Masuk Indonesia

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih menyebut Indonesia kedatangan ratusan WNA dari India yang tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (21/4) malam.

Ratusan WNA itu tak dilarang memasuki kawasan Indonesia sebab menjadi salah satu kriteria WNA yang diperbolehkan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dokter Layani Vaksinasi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta para dokter bersedia membuka layanan penyuntikan vaksin virus corona di rumah masing-masing guna mengakselerasi capaian program vaksinasi nasional.

Rencana itu ditargetkan bakal dimulai pada semester kedua atau Juli-Desember 2021 mendatang, mengingat hampir sepertiga dari total komitmen vaksin covid-19 Indonesia didatangkan pada semester kedua.

Varian Corona Menyebar

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK