Bertemu Syaikhu, AHY Soroti Vaksinasi hingga Demokrasi

mts/bmw | CNN Indonesia
Kamis, 22 Apr 2021 21:11 WIB
Ketum Demokrat AHY dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu sama-sama menyoroti kinerja pemerintah menanggulangi pandemi. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) menerima kedatangan Presiden PKS Ahmad Syaikhu (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti efektivitas pelaksanaan program vaksinasi virus corona (Covid-19) saat bertemu dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu.

Menurutnya, program vaksinasi Covid-19 harus dilakukan lebih efektif karena hingga saat ini baru menjangkau sekitar 12 juta orang Indonesia. Sementara, data terbaru dari Pemerintah Pusat menyebutkan bahwa vaksinasi sudah menjangkau 17 juta orang.

"Pertama, terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini yang kita tahu walaupun semakin banyak yang telah divaksin, angkanya sudah lebih dari 12 juta, tetapi jika dihitung dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia tentunya masih harus kita bekerja keras," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (22/4).


"Sehingga, kita berharap vaksinasi bisa lakukan secara semakin efektif dan tentunya lebih membangun kesiapan masyarakat kita dalam menghadapi Covid-19," imbuhnya.

Lebih lanjut, AHY menyoroti resesi ekonomi yang melanda Indonesia sebagai dampak pandemi Covid-19. Menurutnya, resesi ekonomi telah membuat banyak masyarakat Indonesia kehilangan pekerjaan, penghasilan, dan kemiskinan pun bertambah.

Terakhir, ia menggarisbawahi masalah masa depan demokrasi Indonesia yang telah mendapatkan sorotan dari sejumlah lembaga internasional.

"Ada yang mengatakan kita saat ini berada di titik yang tidak baik, bahkan 14 tahun terakhir ini demokrasi di Indonesia dianggap angka yang paling bawah dan ini semua menjadi tantangan buat kita," kata dia, yang juga merupakan putra sulung Presiden keenam RI SBY00.

AHY pun berharap pandemi Covid-19 tidak menutup ruang demokrasi yang sehat. AHY menyatakan, Demokrat dan PKS justru berharap demokrasi Indonesia bisa ditegakkan karena hal tersebut merupakan pilar utama bagi keberlangsungan dan masa depan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Syaikhu mengungkapkan kunjungan ke Partai Demokrat dalam rangka silaturahim dengan semua elemen anak bangsa.

Syaikhu menyebut PKS dan Demokrat memiliki banyak momen kebersamaan selama Pemerintahan SBY pada 2004-2014 termasuk pada perhelatan Pilkada serentak 2020 lalu.

"Harapan kami, kebersamaan ini tentunya akan terus dijalin dalam berbagai momentum politik ke depan," ujar Syaikhu.

Syaikhu mengatakan partai politik penting dalam menjaga nilai dan etika demokrasi yang sehat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita juga mendorong penguatan agenda penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Indonesia adalah negara hukum bukan negara kekuasaan. Penegakan hukum harus berpihak kepada nilai-nilai kebenaran dan rasa keadilan rakyat," kata Syaikhu.

(bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER