Polisi Tangkap 65 Suporter Persija Konvoi Kemenangan di HI

CNN Indonesia | Senin, 26/04/2021 11:32 WIB
Polda Metro Jaya menangkap 65 suporter Persija Jakarta atau Jakmania yang melakukan konvoi setelah timnya menang Piala Menpora 2021. Foto ilustrasi suporter Persija Jakarta atau Jakmania. (CNN Indonesia/Aria Ananda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya menangkap 65 suporter Persija Jakarta atau Jakmania yang melakukan konvoi setelah timnya menang Piala Menpora 2021.

Tak hanya itu, polisi juga membubarkan kerumunan massa di sekitar Bundaran HI, Jakarta Pusat. Saat ini Kerumunan massa masih dilarang di tengah penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Dari hasil semalam ada 65 orang kita amankan yang kemudian kita cek ada 52 orang dewasa, anak-anak 12 orang dan 1 perempuan dewasa, kita amankan di Polda Metro Jaya, kita periksa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Senin (26/4).


Yusri menuturkan mereka diamankan untuk dimintai keterangan terkait apakah ada ajakan untuk melakukan konvoi kemenangan tersebut.

Namun, sejauh ini belum ditemukan ada unsur ajakan tersebut. Alhasil, puluhan Jakmania itu telah dipulangkan secara bertahap.

"Dari pemeriksaan sampai pagi tadi belum ditemukan adanya ajakan tersebut, mereka spontanitas dengan kemenangan Persija mereka berkumpul karena dirasa bundaran HI itu ikon Persija, setiap Persija menang akan berkumpul di sana," tutur Yusri.

Kendati demikian, kata Yusri, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di media sosial. Tujuannya, untuk memastikan ada atau tidaknya ajakan itu di media sosial.

"Kita dalami melalui medsos apakah ada ajakan melalui medsos," ucap Yusri.

Lebih lanjut, Yusri menyebut pihaknya juga berencana memanggil pengurus Jakmania, termasuk manajemen Persija untuk mendalami ajakan tersebut. "Tergantung profiling dari penyidik," ujarnya.

Aparat kepolisian sempat membubarkan kerumunan massa yang diduga merupakan suporter Persija Jakarta di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Senin (26/4) dini hari.

Pembubaran itu turut diunggah oleh akun Instagram TMC Polda Metro Jaya. Dalam video yang diunggah itu, terlihat sejumlah atribut yang identik dengan warna khas Persija.

Tak hanya itu, dalam video juga tampak bendera dengan lambang tim Macan Kemayoran yang dibawa oleh massa yang menggunakan sepeda motor.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK