Polisi Panggil Petinggi Persija-Jakmania Besok

CNN Indonesia | Selasa, 27/04/2021 14:22 WIB
Keduanya bakal diundang untuk memberikan penjelasan ihwal kerumunan Jakmania saat merayakan kemenangan Persija. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pimpinan Persija dan Jakmania akan dimintai keterangan soal kerumunan suporter di tengah pandemi virus corona (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya bakal memanggil Ketua Umum The Jakmania Dicky Soemarno dan Presiden Klub Persija Jakarta pada Rabu (28/4).

Keduanya dipanggil buntut konvoi perayaan kemenangan Persija yang dilakukan oleh Jakmania di Bundaran HI beberapa waktu lalu.

"Ketua Jakmania akan kita panggil, kita jadwalkan hari Rabu besok hadir. Kemudian yang satu lagi Presiden Klub Persija kita undang untuk klarifikasi, sama, kita jadwalkan besok pagi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (27/4).


Yusri menuturkan keduanya bakal dimintai keterangan untuk mengetahui apakah perayaan kemenangan itu dilakukan secara terorganisir atau tidak.

"Tim penyidik berusaha tahu apakah memang ini terorganisir untuk kumpul ini, karena sudah melanggar protokol kesehatan," ucap Yusri.

Polisi sempat mengamankan 65 pendukung Persija Jakarta buntu perayaan kemenangan di sekitar Bundaran HI, Jakpus. Kendati demikian, mereka telah dipulangkan usai menjalani pemeriksaan terkait perayaan kemenangan tersebut.

Yusri sebelumnya juga menyebut bahwa pihaknya telah menemukan akun media sosial yang diduga menyebarkan undangan atau ajakan bagi Jakmania untuk berkumpul merayakan kemenangan.

"Ada beberapa akun (yang kami temukan), belum bisa kami sampaikan saat ini, iya (lebih dari satu)," kata Yusri, Senin (26/4).

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap tidak ada klaster penularan virus corona baru akibat kerumunan perayaan kemenangan Persija.

Dia mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga berencana memanggil pihak terkait untuk meminta penjelasan ihwal kerumunan beberapa waktu lalu.

pihaknya bakal memanggil seluruh pihak terkait untuk mengusut kasus ini.

"Akan ada evaluasi dari internal Persija, dari Jakmania, aparat terkait, evaluasi kenapa terjadi (kerumunan), siapa yang memobilisasi, apa dampaknya nanti kita lihat ya," tuturnya.

(dis/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK