PAN Tak Cemas Basis Pemilih Beralih ke Partai Ummat

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 16:13 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan ada perbedaan mendasar antara partainya dengan Partai Ummat yang digagas Amien Rais. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi tak cemas basis suara partainya tergerus kemunculan Partai Ummat yang digagas Amien Rais (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Amanat Nasional (PAN) tidak khawatir basis suaranya akan beralih memilih Partai Ummat yang baru saja dideklarasikan Amien Rais. PAN menganggap ada perbedaan mendasar dengan Partai Ummat.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya mengusung ideologi nasionalis religius, sementara Parta Ummat bernafaskan Islam.

"Perbedaan ideologi politik partai akan menyebabkan perbedaan basis sosial di masyarakat. Basis konstituen tentu berbeda," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/4).


Viva mengatakan kader dan pengurus PAN pun tetap solid, kompak dan memegang komitmen yang telah diambil. Menurutnya itu penting dalam mempertahankan basis suara selama ini.

Sejauh ini, tidak ada pula anggota legislatif dari PAN yang mengundurkan diri.

"Jika ada mantan anggota PAN yang terlibat di Partai Umat, jumlahnya hanya sedikit saja, nonsignifikan," kata dia.

Viva pun berharap Partai Ummat bisa meningkatkan kualitas pelembagaan demokrasi di Indonesia. Praktik demokrasi, kata dia, akan terus berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi bagi tujuan pembangunan nasional tergantung dari keberadaan partai politiknya.

Dia juga merespons positif ketika Partai Ummat mempercayakan posisi ketua umum kepada menanti Amien Rais, yakni Ridho Rahmadi.

Partai Ummat resmi dideklarasikan pada hari ini, Kamis (29/4). Sejumlah tokoh bergabung di dalamnya. Termasuk Amien Rais yang sejak awal menjadi penggagas.

Di berbagai kesempatan, Amien Rais kerap menyampaikan bahwa Partai Ummat bakal menjadi saluran politik dalam menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman.

Ridho Rahmadi resmi diangkat menjadi Ketua Umum Partai Ummat yang pertama. Pengangkatan Ridho sebagai Ketum dipilih oleh Majelis Syuro dan diumumkan pada momentum deklarasi Partai Ummat Kamis (29/4). Amien Rais sendiri duduk sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

(rzr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK