PKS dan NasDem Sepakat Hindari Polarisasi Politik

CNN Indonesia | Jumat, 30/04/2021 21:44 WIB
Nasdem adalah partai keenam yang dikunjungi PKS dalam safari politik pada ramadan ini, sebelumnya sudah bertemu dengan PPP, Demokrat, PDIP, PKB, dan Golkar. Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Munas V PKS. (Dok. Tim Media PKS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem sepakat menghindari polarisasi dalam kontestasi politik.

Hal tersebut menjadi salah satu poin kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan jajaran pengurus DPP PKS dan NasDem di Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran, Jakarta pada Jumat (30/4).

"Sekali lagi pengalaman-pengalaman polarisasi kontestasi demokrasi perlu kita kurangi sedapat mungkin," kata Sekretaris Jenderal Sekjen NasDem Johnny G Plate, Jumat (30/4).


Ia mengatakan pesta demokrasi tidak boleh menjadi sumber perpecahan dan harus menjadi kontestasi yang sehat. Menurutnya kualitas demokrasi di Indonesia harus senantiasa meningkat dari waktu ke waktu.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan pihaknya tak ingin polarisasi akibat kontestasi politik menjadi beban bagi demokrasi Indonesia.

Dia menyampaikan laporan The Economist Intelligence Unit (EIU) menyebut indeks demokrasi Indonesia mengalami penurunan dari 6,48 menjadi 6,3 poin.

"Mudah-mudahan ke depan ini bisa diperbaiki dan ditingkatkan secara bertahap," ujar dia.

Untuk diketahui, NasDem menjadi partai politik keenam yang ditemui PKS selama Ramadan tahun ini. Sebelumnya, PKS sudah bertemu dengan PPP, Demokrat, PDIP, PKB, dan Golkar.

(mts/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK