Anies di Pulau Sabira: Dekat di Hati Meski Jauh dari Monas

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 09:13 WIB
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya meninjau Pulau Sabira pada Jumat (30/4). Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya meninjau Pulau Sabira pada Jumat (30/4). (ppid.jakarta.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya meninjau Pulau Sabira pada Jumat (30/4). Pulau Sabira merupakan pulau terakhir yang dikunjungi Anies dalam rangka kunjungannya di Kepulauan Seribu.

Secara administratif, Pulau Sabira masuk dalam wilayah Kepulauan Seribu. Meski secara teknis jika dihitung jarak kilometernya, Pulau Sabira lebih dekat dengan daratan Sumatra ketimbang daratan Jawa. Pulau ini adalah wilayah administrasi terjauh dari Provinsi DKI Jakarta.

Anies mengatakan, meski letaknya yang jauh dengan Ibu Kota Jakarta, ada ikatan kebersamaan yang kuat antara dia dengan warga Pulau Sabira.


"Hari ini, kami kembali mengunjungi Pulau Sabira yang merupakan pulau paling ujung dari Provinsi DKI Jakarta. Secara hitungan kilometer lebih dekat ke daratan Sumatra daripada Jawa. Tapi, ini adalah wilayah DKI Jakarta," kata Anies dalam keterangan resmi, Sabtu (1/4).

"Saya sering sampaikan, hitungan kilometer itu bisa saja jauh dari Monas tapi Insya Allah perasaan hati dan ikatan kebersamaan kita amat kuat dan dekat. Terlebih, kami akan bermalam di sini, silaturahmi, ngobrol, dan Insya Allah besok kembali ke (daratan) Jakarta," imbuhnya.

Dalam kunjungannya tersebut Anies mendatangi tempat penjemuran ikan asin di Pulau Sabira. Anies juga meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang memasok kebutuhan listrik di Pulau Sabira. Selain PLTS, kebutuhan listrik warga di Pulau Sabira juga disokong oleh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

PLTS Pulau Sabira diresmikan pada November 2020 lalu. Anies mengatakan, semenjak dibangun PLTS, tenaga diesel bisa berkurang hingga 50 persen. Dalam kesempatan itu,Anies juga kembali menegaskan bahwa kebutuhan akan listrik merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi.

"Lagi-lagi ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk memenuhi kebutuhan dasar warga. Jadi, tinggalnya boleh di pulau tapi pelayanan dasarnya Insya Allah diberikan sebaik-baiknya," tandas Anies.

(mel/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK