May Day, Ratusan Buruh-Mahasiswa Mulai Tiba di Patung Kuda

CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 13:46 WIB
Kelompok buruh dan mahasiswa dari berbagai elemen menggelar unjuk rasa di hari peringatan May Day. Ratusan orang dari berbagai elemen buruh dan organisasi mahasiswa yang akan menggelar aksi unjuk rasa peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2021 (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ratusan orang dari berbagai elemen buruh dan organisasi mahasiswa yang akan menggelar aksi unjuk rasa peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day mulai tiba di area Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada siang hari ini, sekitar pukul 13.05 WIB.

Pergerakan massa sudah mulai terlihat dari Jalan MH Thamrin, tepatnya di depan Hotel Sari Pacific. Beberapa dari elemen buruh dan organisasi mahasiswa itu pun terlihat mulai berorasi di dan membentangkan spanduk di sekitar lokasi.

Aparat kepolisian tampak mulai berjaga dan mengatur arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan.


Di area Patung Kuda sendiri, seluruh kendaraan yang hendak menuju kawasan Harmoni hanya bisa melintas di Jalur Bus Transjakarta. Di area Patung Kuda, aparat juga terlihat sudah memasang barikade.

Polda Metro Jaya sebelumnya menyebut aksi May Day di DKI Jakarta akan dipusatkan di tiga titik di kawasan Jakarta Pusat. Tiga titik itu adalah Kantor Organisasi Buruh Internasional (ILO), Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), dan Patung Kuda.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan aksi unjuk rasa juga digelar di sejumlah titik di Jabodetabek. Dia menyebut ada serikat buruh yang menggelar aksi di pabrik mereka masing-masing.

"Estimasi massa, ada puluhan titik yang kita tahu, ada yang virtual, ada yang baksos, kita enggak bisa tentukan, tapi mereka akan menaati prokes," kata Yusri di Polda Metro Jaya kemarin.

Yusri mengimbau peserta aksi tertib menerapkan protokol kesehatan selama demonstrasi. Dia berkata kepolisian akan menindak tegas demonstran yang melanggar aturan kesehatan.

"Mulai dari titik kumpul sudah kita lakukan penjagaan, ketika berangkat kita siapkan pengamanan. Di Patung Kuda kita siapkan posko kemanusiaan," tuturnya.

Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati sejumlah serikat buruh di Indonesia. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, misalnya, mengirim 300 orang untuk menyampaikan aspirasi di sekitar Istana Kepresidenan.

Berbagai tuntutan akan disuarakan para buruh hari ini. Beberapa di antaranya adalah kenaikan upah, tunjangan hari raya (THR), hingga pencabutan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

(mts/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK