Kebakaran Pondok Pesantren di Sulsel, Asrama Hangus

CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 20:43 WIB
Kebakaran mengakibatkan 3 rumah pengasuh dan satu unit asrama putri terbakar habis. Pondok pesantren di Sulawesi Selatan hangus terbakar akibat arus pendek listrik (CNN Indonesia/Ilham)
Makassar, CNN Indonesia --

Pondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Wahdah Islamiyyah yang berada di Lingkungan Rumbo, Kelurahan Tomenawa, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, hangus terbakar pada, Sabtu sore (1/5).

Kebakaran tersebut diduga diakibatkan arus pendek listrik di salah satu kamar pengasuh pesantren hingga menghanguskan 3 unit rumah pengasuh dan satu unit asrama putri.

"Diduga disebabkan arus pendek listrik. Api cepat menjalar karena material bangunan terbuat dari kayu dan bahan yang muda terbakar," kata Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya Ghalib.


Dia mengatakan kebakaran terjadi setelah warga dan penghuni pondok pesantren melaksanakan Salat Ashar. Salah satu saksi melihat ada kobaran api dari balik pondok asrama putri.

Kemudian warga bersama penghuni pondokan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Api cepat dipadamkan ketika petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Enrekang tiba di lokasi.

"Sekitar sejam api baru dapat dipadamkan. Dan saat kejadian kondisi pondok pesantren sedang kosong, karena para santri diliburkan sejak pandemi Covid-19," jelasnya.

Sejauh ini, belum bisa dipastikan berapa kerugian yang dialami pihak pondok pesantren. Saat ini juga masih dilakukan penyelidikan untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran.

"Alhamdulillah tidak ada sampai korban jiwa dan untuk kerugian materi sementara dihitung," katanya.

(mir/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK