Waketum PAN Yakin Mumtaz Tak Akan Ikut Amien Rais ke Ummat

CNN Indonesia | Minggu, 02/05/2021 00:53 WIB
Waketum PAN meyakini Mumtaz akan tetap bertahan di PAN ketimbang bergabung dengan partai yang baru dideklarasikan Amien Rais, Partai Ummat. Putra Amien Rais, Mumtaz, diklaim berbeda dengan keluarga Rais yang lain dengan tetap memilih bersama PAN ketimbang ikut eksodus ke Partai Ummat. (Screenshot via instagram @mumtaz.rais)
Surabaya, CNN Indonesia --

Selain Hanafi, tiga anak pendiri Partai Ummat, Amien Rais yang lain yakni Mumtaz, Hanum, dan Baihaqy diketahui masih menjadi bagian dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Padahal, sang ayah telah mendirikan dan mendeklarasikan partai barunnya, yakni Partai Ummat pada tengah pekan ini.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan selain saudara-saudaranya yang lain, Mumtaz diyakini tetap akan bertahan di parpol tersebut.


"Mumtaz Rais dijamin 100 persen [bertahan di PAN] karena dia Ketua Bidang POK, salah satu bidang strategis. Itu yang pasti. Hatinya Mumtaz itu adalah PAN," kata Viva di Surabaya, Jumat (30/4).

Sedangkan kepada dua anak Amien lainnya, yakni Hanum Rais dan Baihaqy Rais yang saat ini tercatat sebagai anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta dari Fraksi PAN, Viva mengaku tak tahu menahu.

"Untuk [Anak Amien Rais] yang lain saya tidak tahu, karena tidak pernah berkomunikasi," ucapnya.

Kecuali Mumtaz, Viva pun mempersilakan Hanum Rais dan Baihaqy Rais, serta seluruh anggota DPRD kabupaten/kota maupun provinsi dari Fraksi PAN, untuk menentukan masing-masing pilihan politiknya untuk bertahan atau mengikuti jejak yang lain.

Ia yakin bahwa Anggota DPRD dari PAN di tingkat manapun akan berpikir rasional. Sebab, mendirikan partai politik dan menjadikannya lolos ambang batas parlemen itu tidak semudah yang dibayangkan.

"Menurut Undang-Undang 7/2017 tentang Pemilu, parliamentary threshold yang lolos di Senayan [DPR] itu empat persen. Untuk mendapatkan suara sah nasional empat persen itu tidak mudah. Apalagi partai baru," kata dia.

Dengan demikian tentu, para anggota legislatif dari PAN diminta untuk mempertimbangkan dengan hati-hati akan masa depan karier politik masing-masing.

Terakhir, Viva pun mengucapkan kepada Partai Ummat. Dia menegaskan PAN tidak gentar dengan kehadiran partai baru yang didirikan oleh salah satu pendiri PAN, Amien Rais, itu

"PAN tidak merasa gegana: gelisah, galau, merana. Tidak. Jadi kalau ada mantan anggota dan pengurus PAN yang masuk ke Partai Ummat, itu tidak bedol desa. Hanya bagian kecil dan tidak signifikan," pungkasnya.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK