Survei Capres Litbang Kompas: Jokowi Ditempel Prabowo & Anies

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 14:33 WIB
Masyarakat masih menyebut Jokowi sebagai calon presiden berikutnya, berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas. Prabowo, Anies, dan Risma turut masuk bursa. Presiden Joko Widodo. (Foto: Rusman - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei Litbang Kompas menempatkan nama Presiden Jokowi di tempat teratas tokoh yang dipilih untuk menjadi presiden. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyusul setelahnya.

Dikutip dari Kompas edisi Selasa (4/5), survei itu digelar pada 13-26 April 2021 melalui wawancara tatap muka. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Margin of error penelitian sebesar +- 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei, responden diberi pertanyaan 'jika pemilu presiden dilakukan saat ini, menurut Anda siapakah tokoh yang paling layak menjadi presiden?'


Berdasarkan pertanyaan itu, sebanyak 24 persen responden menyebut nama Jokowi, 16 persen nama Prabowo, dan 10 persen Anies.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berada di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Februari 2017. Anies dan Sandi akan menyaksikan hasil hitung cepat Pilkada DKI bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan juga di hadiri oleh Presiden PKS. CNN Indonesia/Andry NovelinoPrabowo Subianto dan Anies Baswedan. CNN Indonesia/Andry Novelino

Berturut-turut setelah tiga tokoh itu ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 7 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebesar 4 persen.

Kemudian ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Tiga nama ini masing-masing disebut oleh 3 persen responden.

Selanjutnya ada nama Menteri Sosial Tri Rismaharini sebesar 2 persen, Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo sebesar 2 persen, dan Menkopolhukam Mahfud MD sebesar 1 persen.

Survei juga menunjukkan ada 2 persen responden yang menjawab nama lainnya dan 21 persen responden menjawab belum ada atau rahasia.

(yoa/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK