Larangan Mudik, 7 Pintu Keluar Tol Surabaya-Gempol Disekat

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 02:21 WIB
Pengguna jalan dilarang keluar dari tujuh pintu tol Surabaya-Gempol (Sugem) selama masa larangan mudik lebaran 2021, 6-17 Mei. Ilustrasi pencegatan kendaraan. (Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Surabaya, CNN Indonesia --

Sebanyak tujuh exit tol atau pintu keluar Gerbang Tol (GT) Surabaya-Gempol (Sugem) akan disekat di masa larangan mudik lebaran 2021, 6-17 Mei.

"Tol Surabaya-Gempol ada tujuh gerbang yang dioperasikan Surabaya-Gempol yang aksesnya diakukan penyekatan," ujar GM Jasamarga Transjawa Tollroad Representative Office 3 Ruas Surabaya-Gempol Hendri Taufik, Selasa (5/5).

Tujuh GT Sugem yang yang akan disekat itu yakni Exit Dupak, Banyu Urip, Satelit, Gunung Sari 1, Gunung Sari 2, Sidoarjo 1 dan Gempol.


Para pengendara, kata Hendri, akan diperiksa petugas di gerbang tersebut. Jika untuk mobilisasi pekerjaan, kedinasan dan disertai surat keterangan diizinkan lanjut perjalanan. Namun, bila keperluannya mudik, maka akan diputarbalikkan.

"Jadi saat keluar, ada pemakai jalan yang masuk kategori mudik, langsung diputarbalik masuk kembali ke tol," ujarnya.

Nantinya, kata Hendri, penjagaan di titik penyekatan Tol Sugem akan dilakukan oleh Polri dan Dinas Perhubungan. Kini ini, properti penyekatan pun sedang disiapkan di titik-titik tersebut.

"Beberapa properti untuk menunjang fasilitas penyekatan sudah mulai ditempatkan di lokasi exit. Jadi baru persiapan kelengkapannya," ucap dia.

Melalui penyekatan ini, Hendri berharap agar semua pihak dapat mematuhinya. Terlebih, larangan ini dibuat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti keputusan dari pemerintah," pungkas dia.

(frd/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK