Polisi Jaring Ratusan Pemudik Tanpa Surat Antigen di Bali

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 18:42 WIB
Polisi Badung, Bali, menjaring ratusan pemudik yang akan menuju ke Pulau Jawa. Para pemudik kemudian diwajibkan menjalani tes sebelum melanjutkan perjalanan. Ilustrasi mudik. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satlantas Polres Badung, Provinsi Bali menemukan ratusan penumpang yang akan mudik ke Pulau Jawa tanpa melampirkan surat keterangan tes cepat antigen saat berangkat dari Terminal Mengwi.


"Jadi pada Selasa (4/5) para penumpang yang sudah berada di dalam bus diminta untuk menunjukkan surat kesehatan berupa hasil tes cepat antigen dan PCR Covid-19, namun tidak ada penumpang yang membawa sehingga tidak diizinkan berangkat," kata Kasat Lantas Polres Badung AKP Aan Saputra saat dikonfirmasi di Badung, Bali, Rabu.

Ia mengatakan penumpang yang tidak membawa surat keterangan tes cepat antigen langsung didata. Kemudian, polisi berkoordinasi dengan Puskesmas Mengwi untuk menyediakan fasilitas tes cepat antigen. Setelah menjalani tes para penumpang bisa melakukan perjalanan.

Aan menyebut situasi Terminal Mengwi cukup ramai oleh penumpang yang akan melaksanakan mudik. Kemudian, pihak pengurus bus melaporkan ada sebagian penumpang yang membawa surat sehat atau tes cepat antigen.

"Seluruh anggota dikerahkan dalam pemeriksaan surat keterangan para penumpang yang akan mudik ke kampung halamannya sehingga dapat meminimalisasi penyebaran Covid-19 yang masih cukup berkembang. Jumlahnya ada ratusan, 15 bus dikali 30 orang di dalamnya," katanya.

Para penumpang tersebut, akan melakukan keberangkatan menuju Pulau Jawa, seperti ke Yogyakarta dan daerah lainnya, sebelum penerapan larangan mudik lebaran yang berlaku mulai tanggal (6/5) sampai (17/5).

Pelaksanaan tes cepat antigen di Terminal Mengwi dilakukan untuk meminimalisasi penumpukan di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

"Setelah melalui proses pemeriksaan tes cepat antigen hingga malam hari, untuk hasil yang diperoleh dari seluruh penumpang negatif Covid-19," katanya.




Selanjutnya, dari pihak kepolisian melakukan siaga di Terminal Mengwi, untuk pemberlakukan larangan mudik 2021 pada pukul 00.00 WITA, demikian Aan Saputra.

(Antara/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK