UPDATE CORONA 7 MEI

Kasus Positif Bertambah 6.327, Pasien Sembuh 5.891

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 16:53 WIB
Pemerintah pusat dan daerah masih terus berupaya menanggulangi pandemi virus corona. Ilustrasi petugas kesehatan khusus penanganan virus corona (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif  virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah 6.327 pada hari ini, Jumat (7/5). Penambahan tersebut membuat jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air menjadi 1.703.632 per hari ini sejak pertama kali diumumkan Presiden Joko Widodo pada awal Maret 2020 lalu.

Merujuk data Satgas Penanganan Covid-19, dari jumlah kasus positif, sebanyak 1.558.423 di antaranya telah sembuh. Jumlah pasien sembuh dari infeksi virus corona bertambah 5.891 dari hari sebelumnya.

Kemudian dari jumlah kasus positif, sebanyak 46.663 di antaranya telah meninggal dunia. Pasien yang meninggal dunia usai terinfeksi virus corona bertambah 167 dari hari sebelumnya. Kasus aktif di Indonesia bertambah 269 pada hari ini, sehingga total menjadi 98.546.


Sejauh ini, pemerintah pusat dan daerah masih terus berupaya menanggulangi pandemi virus corona. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan guna menekan laju penularan Covid-19. Mulai dari pembatasan kegiatan masyarakat, program vaksinasi hingga pelarangan mudik lebaran.

Saat ini, sejumlah daerah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Diterapkan agar masyarakat membatasi kegiatan di luar rumah demi mencegah penularan Covid-19.

Program vaksinasi juga masih terus dijalankan. Petugas pelayanan publik dan kalangan lanjut usia menjadi prioritas. Pemerintah melaksanakan program vaksinasi dengan tujuan menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Terbaru, pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran. Sama seperti tahun lalu. Pemerintah cemas terjadi lonjakan kasus positif Covid-19, sehingga masyarakat dilarang bepergian ke kampung halaman jelang dan sesudah lebaran tahun ini.

Pemerintah juga telah melarang warga negara asing dari India masuk Indonesia. WNA yang sempat singgah di India tidak diperkenankan masuk. Pemerintah tak ingin ada kasus mutasi virus corona baru asal India yang membuat jumlah kasus positif naik tinggi.

(bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK