Gerutu Pengendara Diputar Balik di Penyekatan Cikarang Barat

CNN Indonesia | Sabtu, 08/05/2021 09:50 WIB
Salah seorang pengendara yang hendak ke Purwakarta lewat tol Jakarta-Cikampek tak kuasa menahan penyekatan terkait kebijakan larangan mudik lebaran. Aparat kepolisian melakukan penyekatan kendaraan dan pemeriksaan dokumen Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Mudik Lebaran 2021, di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3, tepatnya di KM 31 Tol Japek. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Cikarang, CNN Indonesia --

Rizwandi (47) tidak mampu menyembunyikan wajah kesalnya ketika hendak keluar dari Tol Jakarta-Cikampek karena tersekat oleh petugas larangan mudik, Jumat (7/5) sore.

Matanya merah, dengan suara yang tenggelam hiruk pikuk lalu lintas, ia menggerutu.

"Ya masa saya disuruh balik lagi, buang waktu ini, saya ada perlu," kata Rizwandi kepada CNNIndonesia.com, tepat sebelum ia memacu mobilnya keluar dari tol.


Lima menit sebelum keluar itu, mobil Mitsubishi berplat D yang dikendarainya terjaring penyekatan terkait larangan mudik, di sekitar KM 31.

Saat itu, petugas yang menghentikan kendaraannya bertanya daerah tujuan Rizwandi.

"Mau kemana pak," kata petugas ketika itu.

"Ke Purwakarta pak," jawab Rizwandi.

Petugas lalu meminta kepada Rizwandi untuk menunjukkan dokumen yang disyaratkan untuk melakukan perjalanan selama masa larangan mudik.

Namun, saat itu, Rizwandi hanya menunjukkan secarik nota ke petugas yang memeriksanya.

"Surat Izin Keluar Masuknya enggak ada. Dari tanggal 6 itu sudah jelas harus pakai. Silahkan ambil kiri," kata petugas.

Rizwandi tidak membantah, ia pun langsung memacu mobilnya ke jalur untuk keluar tol.

Ketika ditanya, ia menjelaskan alasannya melakukan perjalanan ke Jakarta adalah untuk mengambil mobil.

Dan, nota yang ditunjukkannya, menurutnya adalah bukti pengambilan mobil itu.

"Dari Purwakarta. Emang mau pulang ke Purwakarta, tadi pagi berangkat ke Jakarta untuk ambil mobil. Tadi waktu ke Jakarta ikut sama kakak," kata dia.

Dari pengakuannya, ia merasa makin tidak puas ketika diminta putar balik lantaran tidak semua kendaraan yang melintas di jalan itu diperiksa polisi.

"Saya jadi bingung ini, itu ada yang plat D malah bisa, bisa kesana [arah Cikampek], aneh," kata dia sambil menunjuk kendaraan yang melintas.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sejak pukul 15.30 hingga pukul 17.30, memang tidak semua kendaraan yang melintas dihentikan dan diperiksa polisi.

Beberapa kendaraan pribadi tampak hanya diminta untuk menurunkan kaca mobil ketika lewat.

Meskipun demikian, bus maupun travel yang melintas terlihat hampir selalu diberhentikan dan diperiksa. Tidak jarang mereka diminta putar balik oleh petugas.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada di posko, sejak pukul 08.00 hingga 12.00 hari ini, ada 60 kendaraan yang diputarbalikkan, yang terdiri dari kendaraan pribadi, bus, truk hingga pikap.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK