Hari Pertama Larangan Mudik Jatim, 3.169 Diputar Balik

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 20:04 WIB
Ribuan pengendara yang hendak memasuki Jatim namun tak bisa menunjukkan dokumen seperti SIKM dan surat bebas Covid-19, diputar balik polisi. Petugas memeriksa kelengkapan surat dan KTP saat hari pertama penyekatan larangan mudik di Perbatasan Surabaya-Sidoarjo di Tambak Sumur, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Surabaya, CNN Indonesia --

Ribuan kendaraan yang akan memasuki wilayah Jawa Timur berhasil diputarbalikkan pada hari pertama penyekatan larangan mudik Lebaran 2021, Kamis (6/5).

Kepolisian mencatat sekitar 3.169 kendaraan yang hendak memasuki Jatim yang telah diputarbalikkan. Mereka terjaring di sembilan titik penyekatan perbatasan Jatim.

"Karena terindikasi mudik, maka diputarbalik sesuai ketentuan yang berlaku," kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Latif Usman, Jumat (7/5).


Berdasarkan catatannya, di 8 titik perbatasan antara Jateng dengan Jatim, ada beragam jenis kendaraan yang telah diputarbalikkan, antara lain 971 sepeda motor, 1.386 mobil penumpang, 188 bus, 287 mobil barang, 35 kendaraan khusus.

Sedangkan, untuk penyekatan di area perbatasan antara Bali dengan Jatim, seperti di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ada 152 sepeda motor, 130 mobil penumpang 20 mobil bus. Seluruhnya diputarbalikkan ke daerah keberangkatan.

Ia menegaskan, pengendara yang telah diputarbalikkan itu tak bisa menunjukkan sejumlah persyaratan yang telah ditentukan, seperti surat bebas Covid-19, surat izin dari perusahaan, hingga Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

"Yang tidak bisa menunjukkan syarat tersebut, langsung diputarbalikkan ke tempat asal," ucapnya

Sembilan titik penyekatan Jatim itu antara lain perbatasan gerbang Tol Ngawi-Solo, perbatasan Ngawi Mantingan-Sragen, Tuban-Rembang; Bojonegoro-Cepu, Magetan-Karanganyar.

Lalu Pacitan Donorejo-Wonogiri, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi-Gilimanuk Bali, perbatasan Pacitan-Wonogiri dan perbatasan Ponorogo-Wonogiri.

Ada juga, 20 lokasi penyekatan perbatasan kabupaten/kota yakni, perbatasan Gresik-Lamongan, perbatasan Sidoarjo-Pasuruan, perbatasan Mojokerto-Sidoarjo, perbatasan Pasuruan-Probilinggo, perbatasan Probolinggo-Situbondo, perbatasan Pasuruan-Malang, perbatasan Malang-Lumajang.

Kemudian, perbatasan Situbondo-Banyuwangi, perbatasan Jember-Lumajang, perbatasan Nganjuk-Jombang, perbatasan Jombang-Mojokerto, perbatasan Blitar-Kediri, perbatasan Kediri-Malang, perbatasan Bojonegoro-Tuban.

Lalu sisanya perbatasan Ngawi-Madiun, perbatasan Madiun-Magetan, Madura sisi utara, Madura sisi selatan, Pintu masuk Tol Ngawi dan Pintu masuk Tol Probolinggo.

(frd/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK