UPDATE CORONA 8 MEI

Rangkuman Covid: Kendaraan Diputar hingga AstraZeneca Tiba

CNN Indonesia | Sabtu, 08/05/2021 18:15 WIB
Korlantas Polri memutarbalikkan 32.815 kendaraan yang hendak mudik untuk menekan penyebaran kasus covid-19 yang bertambah 6.130 kasus hari ini. Korlantas Polri memutarbalikkan 32.815 kendaraan yang hendak mudik untuk menekan penyebaran kasus covid-19 yang bertambah 6.130 kasus hari ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah mengeluarkan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 demi menahan laju penyebaran Covid-19. Meski begitu, penerapan larangan tersebut sulit dilakukan. Banyak warga yang masih nekat untuk mudik meski dilarang.

Sementara itu, upaya penanganan lain masih dilakukan, salah satunya adalah vaksinasi. Indonesia secara bertahap mendatangkan vaksin dari berbagai jenis demi terciptanya kekebalan kelompok.

CNNIndonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, yakni sebagai berikut.


1,3 Juta Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tiba di Indonesia

Sebanyak 1.389.600 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca tiba di Indonesia pada Sabtu (8/5). Vaksin tersebut mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten, sekitar pukul 08.15 WIB.

Kedatangan vaksin AstraZeneca melalui skema multilateral COVAX menjadi kedangangan vaksin Covid-19 tahap ke-12.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pada 6 Mei lalu, Indonesia telah lebih dulu menerima 55 ribu dosis vaksin AstraZeneca melalui mekanisme yang sama.

"Total Vaksin AstraZeneca dari jalur multilateral yang sampai di Indonesia adalah 6.410.500 dosis vaksin," papar Retno dalam live streaming kedatangan vaksin melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan kedatangan baru vaksin hari ini, Indonesia telah mengamankan 79.910.500 dosis vaksin corona dengan rincian Sinovac sebanyak 68,5 juta dosis, AstraZeneca sebanyak 6,41 juta, dan Sinopharm sebanyak 1 juta dosis.

Pekerja kargo memasukan kontainer berisi vaksin COVID-19 AstraZeneca ke atas truk setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/3/2021). Sebanyak 1.113.600 vaksin virus corona (COVID-19) jadi asal perusahaan farmasi InggrisAstraZenecatiba di Indonesia melalui skema kerja sama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility yang selanjutkan akan diproses di Bio Farma, Kota Bandung. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.Sebanyak 1.389.600 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca tiba di Indonesia pada Sabtu (8/5). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL).

Polisi Tangkap Warga Bawa Surat Covid Palsu

Aparat Kepolisian menangkap warga yang membawa surat tes Covid-19 palsu. Penangkapan tersebut dilakukan di dua wilayah yaitu Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah dan Semarang, Jawa Tengah.

Penangkapan pertama polisi mendapati dua warga Kapuas. Mereka langsung diamankan di perbatasan Anjir KM12, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

"Kedua pelaku berinisial MR dan AN sudah kami amankan di Mapolres Kapuas, beserta barang bukti," ujar Kepala Satreskrim Polres Kapuas, AKP Kristanto Situmeang, Sabtu (8/5), melansir Antara.

Aparat kepolisian melakukan penyekatan kendaraan dan pemeriksaan dokumen Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Mudik Lebaran 2021, di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3, tepatnya di KM 31 Tol Japek. Penyekatan dimulai pada pukul 00.00 WIB. Kamis (6/5/2021). CNN Indonesia/Andry NovelinoAparat kepolisian menangkap warga yang kedapatan membawa surat covid-19 palsu. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).

Atas perbuatan itu, mereka dijerat terkait tindak pidana pemalsuan surat atau dokumen sebagaimana dalam Pasal 263 ayat 1,2 dan Pasal 268 ayat 1, dua juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dengan ancaman di atas enam tahun penjara.

Penangkapan kedua menimpa seorang penumpang di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Tersangka atas nama Erwin Ahmad Sirajudin membawa surat palsu agar bisa melakukan perjalanan ke Jakarta.

Namun, rencananya itu gagal saat petugas kepolisian di bandara melakukan pemeriksaan terhadap surat tes PCR Covid-19

"Sekitar pukul 8 pagi, yang bersangkutan tiba di bandara dan menunjukkan surat tes PCR," ujar Kapolsek Semarang Barat, Kompol Dina Novita Sari di kantornya, Sabtu (8/5).

DKI Tolak 484 SIKM

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dilaporkan telah menerima 1.025 permohonan Surat Izin keluar Masuk (SIKM) wilayah ibu kota sejak masa larangan mudik Idulfitri tahun ini yang berlaku sejak 6 Mei kemarin.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Agus Candra, mengatakan dari jumlah permohonan tersebut, SIKM yang diterima per Jumat (7/5), sebanyak 312 permohonan diterbitkan dan 484 SIKM ditolak.

"Sementara itu 229 SIKM lainnya masih dalam proses penelitian administrasi dan penelitian teknis karena baru saja diajukan pemohon," kata Benni Agus Candra melalui pernyataan pada Sabtu (8/5).

Benni menjelaskan SIKM yang ditolak petugas umumnya disebabkan oleh kekeliruan pemohon dalam proses pengisian data.

"Masih banyak yang mengajukan untuk keperluan perjalanan mudik, perjalanan dinas, dan bahkan masih ditemukan warga di wilayah aglomerasi, Jabodetabek mengajukan SIKM DKI jakarta, di mana hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan prosedur SIKM DKI Jakarta," kata Benni.

32 Ribu Kendaraan Diputar Balik

Polisi dari satuan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memutarbalikkan 32.815 kendaraan yang hendak mudik. Angka tersebut diakumulasikan sejak pelarangan mudik berlaku pada 6 Mei kemarin.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Istiono juga mengatakan jumlah tersebut merupakan didapat dari operasi di 381 penyekatan yang tersebar dari Sumatera hingga Bali.

"Sampai malam hari ini, kendaraan yang kita putar balikkan karena tidak memenuhi syarat administrasi non-mudik sebanyak 32.815 kendaraan," kata Istiono dalam keterangannya, Sabtu (8/5).

Dia mengatakan, kendaraan yang melintas masih sama seperti hari pertama yaitu didominasi angkutan barang.

"Sampai malam hari ini saya sampaikan bahwa volume arus mudik yang menuju Jawa turun 70 persen. Ini masih didominasi oleh angkutan barang. Kemudian arah yang menuju Bandung lebih kurang turun 60 persen. Kemudian yang mengarah ke Merak-Sumatera turun lebih kurang 30 persen," ujarnya.

Jumlah Kasus Covid RI

Data harian yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan ada penambahan kasus Covid-19 baru sebanyak 6.130 orang pada hari ini, Sabtu (8/5).

Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 5.494 kasus dan kasus meninggal 179 kasus baru.

Secara kumulatif, sebanyak 1.709.762 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.563.917 orang dinyatakan sembuh, , sementara 46.842lainnya meninggal dunia.

(yla/sfr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK