Warga Kanada Penggagas Kelas Orgasme Bali Dideportasi

CNN Indonesia | Minggu, 09/05/2021 17:12 WIB
Christopher Kyle Marin, warga negara Kanada yang menggagas kelas orgasme di Bali dideportasi ke negara asalnya, Minggu (9/5). WNA Kanada penggagas kelas Orgasme dideportasi dari Indonesia. (Arsip Humas Kanwil Kemenkumham Bali)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mendeportasi warga negara asing (WNA) bernama Christopher Kyle Marin yang diduga menggagas kegiatan kelas orgasme di wilayah Bali yang rencananya digelar pada 8 Mei 2021.

Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Bali, I Putu Surya Dharma mengatakan bahwa Christopherdideportasi karena dianggap tidak menghormati adat istiadat serta budaya Bali.

"Deportasi terhadap Christopher Kyle Marin dilaksanakan pada hari ini, Minggu 9 Mei 2021 pukul 15.20 Wita," kata Putu dalam keterangan tertulis.


Christopher merupakan warga asal Kanada yang memiliki izin tinggal kunjungan selama berada di Indonesia.

Menurutnya, Christopher melanggar ketentuan dalam Pasal 75 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian

Adapun bunyi pasal tersebut ialah: Pejabat Imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administrasi Keimigrasian terhadap Orang Asing yang berada di wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan dan kepada yang bersangkutan dikenakan tindakan administrasi keimigrasian yaitu dideportasi kembali ke negaranya dan namanya dimasukkan ke dalam daftar tangkal.

Dia menuturkan, Christopher akan tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 16.50 WIB dan melanjutkan penerbangan dari Jakarta menuju Doha dan tiba di Kanada. Christopher akan menggunakan penerbangan komersial Qatar Airways dan diperkirakan tiba Senin (10/5) dini hari.

"Gubernur Bali bersama Kanwil Kemenkumham Bali berkomitmen untuk menegakkan kedaulatan Bangsa Indonesia dan menindak tegas segala pelaku pelanggaran yang mencoreng nama baik dan martabat Indonesia," tambah dia.

Sebagai informasi, undangan acara kelas orgasme itu sempat tersebar di situs eventbrite.com dengan tajuk 'Tantric Full Body Orgasm'.

Saat CNNIndonesia.com mengakses situs eventbrite tersebut, tautan undangan acara kelas orgasme sudah tak bisa diakses pada pada Kamis (6/5) sekitar pukul 15.45 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, kelas tersebut dibanderol sebesar 20 euro dan akan dilaksanakan pada 8 Mei 2021 dari pukul 10.00-18.00 Wita.

(mjs/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK