Titik-titik Penyekatan Longgar di Masa Larangan Mudik

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 11:36 WIB
Beberapa pos penyekatan di sekitar DKI Jakarta terpantau longgar atau tak mengawasi ketat pemudik. Gerbang tol Bekasi Barat, salah satu titik penyekatan yang longgar. (Foto: CNN Indonesia/Thohirin)
Bekasi, CNN Indonesia --

Sejumlah pos penyekatan di sekitar DKI Jakarta terpantau tak menerapkan penyeleksian yang ketat terhadap pemudik

Kepolisian diketahui mendirikan 31 posko selama larangan mudik Lebaran 2021. Posko tersebut terbagi menjadi 17 pokso checkpoint yang mayoritas berada dalam wilayah Jakarta, dan 14 posko penyekatan yang terletak di sejumlah titik perbatasan kawasan Jabodetabek.

Posko-posko tersebut sedianya bertujuan untuk memutar balik kendaraan yang hendak mudik ke kampung halaman. Namun, sejak hari pertama berlakunya larangan mudik, sejumlah posko malah terlihat longgar.


Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com beberapa hari terakhir, posko penyekatan yang tampak longgar di antaranya di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

Sejak hari pertama kebijakan larangan mudik, Kamis (6/5) hingga Sabtu (8/5), petugas tampak tidak melakukan penyekatan secara ketat. Selama pemantauan CNNIndonesia.com, petugas banyak yang hanya duduk-duduk di posko.

Selain itu, ada juga petugas yang berdiri di pinggir jalan raya namun tidak memberhentikan dan memeriksa kendaraan. Alhasil, kendaraan yang melintas bebas menuju Cikampek.

Kendaraan yang melintas bukan hanya berpelat B yang berasal dari Bekasi atau Jabodetabek, sebagian juga berplat D. Dalam pantauan, sebuah kendaraan travel warna putih berplat D, dan diisi penuh oleh penumpang bahkan sempat bebas masuk gerbang tol.

Salah seorang petugas di posko menyebutkan, dalam sehari operasi penyekatan arus mudik dilakukan selama tiga kali. Pertama dilakukan pagi antara pukul 06.00-08.00 WIB. Kemudian, operasi kembali dilakukan siang antara pukul 12.00-14.00 WIB dan sore antara pukul 19.00-21.00 WIB.

Kondisi tidak jauh berbeda terjadi di Gerbang Tol Bekasi Timur. Pada Sabtu (8/5), petugas gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan terpantau sedang duduk-duduk di belakang posko.

Seorang anggota kepolisian, satu-satunya yang ditemui dalam posko, Iptu Edy Martono mengaku pihaknya baru melakukan operasi selama dua jam antara pukul 8.00-10.00 WIB, dan saat itu tengah beristirahat.

Selain di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Timur, penjagaan yang longgar juga ditemukan di Posko Jatiuwung, Tangerang. Pada Kamis (6/5), petugas tampak sekadar mengatur lalu lintas kendaraan agar tidak macet.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan, AKP Bayu Marfiando saat itu mengatakan pos penyekatan ini dilaksanakan dengan sistem berlapis, sehingga kendaraan yang lolos dari posko pengawasan sebelumnya dapat terjaring di posko selanjutnya.

"Pos pengamanan berlapis. Di sana (Cikupa dan Gerbang Tol Bitung) akan diperiksa lagi. Di sini juga periksa yang lolos dari Jatiuwung, kan ada pemeriksaan juga di sana," ungkap Bayu saat ditemui di Pos Penyekatan Bitung.

Tidak hanya posko penyekatan, posko checkpoint larangan mudik lebaran 2021 juga tampak longgar dan tidak melaksanakan pengawasan secara ketat.

Salah satu posko checkpoint itu ada di depan Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan. Pada hari pertama kebijakan larangan mudik, pos itu terpantau tidak mengawasi kendaraan yang melintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo mengatakan titik checkpoint tidak melakukan putar balik kendaraan karena masih berada dalam wilayah aglomerasi.

Infografis Titik Penyekatan Larangan Mudik di Jabodetabek newInfografis Titik Penyekatan Larangan Mudik di Jabodetabek. (Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

"Karena ini kan wilayah aglomerasi, sama-sama di dalam. Jadi hanya pendisiplinan protokol kesehatan," kata Widodo saat ditemui di lokasi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, di posko checkpoint Pasar Jumat, Jakarta Selatan, pada hari pertama larangan mudik hanya beroperasi hingga pukul 20.00 WIB.

Pantauan beberapa waktu lalu, para petugas mulai dari kepolisian, TNI, Satpol PP, petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, hanya duduk-duduk di dalam posko tanpa mengawasi arus lalu lintas.

Situasi serupa juga terjadi di posko checkpoint Joglo, Jakarta Barat. Pengawasan di sana terlihat longgar, lantaran petugas yang berjaga hanya duduk-duduk di posko.

Jumat (7/5) pagi, petugas gabungan dari Polisi, Satpol PP, hingga Dinas Perhubungan hanya mengobrol tanpa memantau arus lalu lintas. Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Joglo Raya cenderung kondusif dan lancar.

Kemudian, pengawasan longgar juga terjadi di posko checkpoint di Sumber Artha, Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat. Petugas di sana tidak bersiaga 24 jam untuk menyekat pengendara yang hendak mudik.

Pada sore hari, para petugas menghentikan kegiatan penyetopan pengendara. Pantauan di lapangan beberapa hari lalu, sekitar pukul 16.30 WIB petugas sudah tidak menyetop kendaraan yang melintas.

Mereka kebanyakan hanya duduk-duduk di dalam pos yang disiapkan.

(dmi/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK